MAGELANG-Upaya pencegahan terhadap bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) terus dilaksanakan Polres Magelang Kota. Mereka tidak hanya fokus kepada pencegahan di masyarakat, tetapi juga di kalangan kepolisian sendiri. Seperti pelaksanaan tes urine bagi seluruh jajaran, yang dilakukan pecan lalu.

Dalam kegiatan yang melibatkan Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Magelang Kota ini, Kapolres Magelang Kota Kristanto Yoga Darmawan juga ikut tes. Tujuannya, untuk memberi contoh dan penegasan bahwa kegiatan tersebut tidak pilih-pilih. “Sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, kami (polisi) wajib terhindar dari berbagai tindak kriminal maupun narkoba, agar bisa memberi contoh,” kata kapolres.

Kepala Urkes Polres Magelang Kota dr Trisnaningsih menjelaskan, dalam tes tersebut tidak ditemukan personil yang positif mengonsumsi narkoba.”Hasil pemeriksaan laborat, semua negatif. Tidak ada indikasi personil Polres Magelang menggunakan narkoba,” tuturnya.

Bersamaan dengan itu juga diberikan penghargaan kepada tiga anggota yang berprestasi. Mereka adalah Aiptu FX Sukamto, Aiptu Pramono, dan Bripda Sekar Ajeng Mustika. Ketiganya telah menunjukkan kinerja dan dedikasi yang baik kepada institusi Polri. Penghargaan dengan indikator yang telah ditentukan, penilaiannya dilakukan oleh tim khusus secara diam-diam. “Penghargaan ini sebagai wujud apreasiasi Polri terhadap kinerja anggotanya,” tegas kapolres.

Bripda Sekar Ajeng Mustika mengaku kaget dengan raihannya. Karena perempuan yang kesehariannya bertugas pada bagian pengelolaan teknologi informasi ini dinilai loyal dan rajin menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media sosial. Tujuannya agar polisi bisa menjadi lebih dekat dengan masyarakat. “Saya tidak tahu kalau ternyata (kinerja) kami dinilai. Tiba-tiba disuruh maju ke tengah lapangan diberi penghargaan ini. Semoga jadi motivasi saya untuk lebih baik lagi,” tandas Sekar.(dem/din/mg1)