KULONPROGO – Kodim 0731/Kulonprogo melakukan program bedah rumah milik veteran di Kulonprogo. Delapan rumah milik veteran, janda dan keluarga veteran baik pejuang veteran maupun veteran kemerdekaan yang akan diperbaiki agar layak huni.

Dandim 0731/Kulonprogo Letkol Arm Teguh Tri Prihanto Usman mengatakan program tersebut sudah dilaksanakan sejak 2017. Sebelumnya ada sebelas rumah diperbaiki. Program itu dilanjutkan tahun ini dengan target delapan rumah.

“Rumah veteran kami pilih karena mereka sudah banyak berjasa dalam kemerdekaan bangsa,” kata Teguh.

Peletakan batu pertama bedah rumah dilakukan pada kediaman milik janda veteran Mbah Painah, di Wonosidi Lor, Wates Kulonprogo (20/1). Acara dihadiri Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Wabup Sutedjo, dan Anggota DPRD DIJ Hamam Mutaqin.

“Program ini, merupakan kerjasama dengan Bank BNI. Sebagai bank milik negara, Bank BNI juga menyisihkan dana untuk kepedulian kepada masyarakat,” kata Teguh.

Banyak veteran yang kondisi rumahnya kurang layak ditempati. Kodim berkomitmen untuk melakukan perbaikan rumah veteran. “Kami ingin rumah veteran tidak trocoh (bocor),” ujar Teguh.

Hasto mengatakan program tersebut bisa disinergiskan dengan program Pemkab Kulonprogo. Saat ini dibutuhkan data berapa rumah veteran yang perlu diperbaiki.

“Kita ada Baznas, CSR dan dana lain yang bisa disinergiskan. Mendukung program bedah rumah veteran seperti ini,” kata Hasto.

Veteran rela mengorbankan apa saja untuk bangsa. “Sehingga jangan sampai rumahnya saja tidak layak apalagi hidup sengsara,” kata Hasto.

Hamam mengatakan warga sudah beberapa kali mengusulkan rumah Mbah Painah diperbaiki. Namun belum dilakukan karena tanahnya menumpang dan ada di depan Masjid Al Manar.

“Kebetulan dengan program ini akan dibangun di tempat baru. Tanahnya memang milik Mbah Painah. Sebenarnya kami sudah usulkan empat hingga lima kali, tetapi terganjal status tanah,” ungkap Hamam. (tom/iwa/mg1)