BANTUL – Persiba Bantul sepertinya memang serius menatap Liga 3 musim ini. Jauh-jauh hari Laskar Sultan Agung menggelar persiapan. Meskipun Persiba baru akan bermain di putaran nasional yang kemungkinan dimulai Juli mendatang. Keseriusan itu dibuktikan dengan menunjuk Gatot Barnowo sebagai nakhoda tim.

“Iya Insya Allah kalau memang rezekinya akan ke Bantul. Sudah ada komunikasi dengan manajemen Persiba, dalam waktu dekat akan ketemu membicarakan kepastian hak dan kewajiban di antara kedua pihak,” ujar Gatot kepada wartawan kemarin.

Pelatih yang sebelumnya menukangi PSCS Cilacap itu menyebut, meskipun bermain di Liga 3, Persiba masih tim yang cukup punya nama. Selain itu antusiasme manajemen untuk membawa Persiba promosi cukup tinggi.

“Animo penonton juga luar biasa. Terbukti banyaknya suporter yang komunikasi dengan kami. Ada yang SMS dan telepon, kami juga kaget. Itu yang jadi salah satu pertimbangan komunikasi dengan manajemen,” tuturnya.

Selain itu, biarpun di Liga 3, menurutnya, gaung Persiba di sepak bola nasional masih cukup baik. Pria yang membawa Laskar Nusakambangan juara ISC-B itu mengaku cukup paham kultur pemain dan sepak bola Bantul.

“Minggu ini mudah-mudahan bisa ketemu dengan manajemen membahas hak dan kewajiban. Juga program dan langkah awal dengan manajemen,” tambahnya.

Selanjutnya jika nantinya dikontrak dia mengatakan seleksi pemain idealnya bisa dilakukan akhir Januari. Sehingga Februari mulai start program latihan. Jika materi pemain lokal masih dinilai cukup bagus, menurutnya, tinggal ditambah pemain dari luar dengan sistem pemanggilan.

“Skuad musim lalu tidak terlalu mengikuti. Tinggal nanti kami inventarisasi pemain mana yang masih perlu dipertahankan dan yang ditambah,” tandas Gatot. (riz/laz/mg1)