BANTUL – Kepastian pindahnya PS TNI ke Bantul sepertinya hanya tinggal menunggu waktu. Manajemen tim berjuluk The Army itu bahkan telah membenarkan bahwa dalam waktu dekat akan launching dengan nama baru PS Tira Bantul. Nama Tira diambil dari akronim TNI dan rakyat. Survey stadion dan bakal mess pemain juga sudah dilakukan.

Pembina PS Tira Bantul Letjen TNI Dodik Widjanarko mengatakan, rencana untuk Liga 1 musim 2018 ini timnya akan berkandang di Bantul. Setelah itu, akan dilakukan evaluasi apakah akan menetap seterusnya atau akan ada alternatif lain.

Dodik yang juga Inspektorat Jenderal (Irjen) TNI ini bersama rombongan lain dari unsur Mabes TNI dan juga Korem 072/Pamungkas Jogjakarta serta Kodim 0729/Bantul telah menemui langsung Bupati Bantul Suharsono.

Selain pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam, Dodik pun juga melihat-lihat fasilitas penginapan yang akan dipakai tim besutan Rudy Eka Priyambada tersebut. Kebetulan home stay tersebut milik Suharsono. Tak ketinggalan markas klub Persiba Bantul, Stadion Sultan Agung, juga menjadi lokasi survei mereka.”Saat ini kami survei dahulu tempat dan fasilitasnya. Kalau nanti dijajaki dan pas, kami akan berhome base di Bantul selama satu musim kompetisi,” papar jendral bintang tiga itu.

Dodik mengatakan, Bantul dipilih salah satunya sebab kabupaten di selatan Daerah Istimewa Jogjakarta itu memiliki sejarah yang bertautan dengan TNI. Menurutnya, Bantul dan Jogjakarta menjadi cikal bakal lahirnya TNI. Di samping menjadi tempat gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Pihaknya mengharapkan semangat Jenderal Sudirman juga bisa dirasakan Manahati Lestusen dkk di lapangan. “Selain juga pertimbangan fasilitas, prospek peningkatan perekonomian masyarakat sekitar juga menjadi pertimbangan kami. DIJ juga memiliki penggila bola yang besar dan fanatik. Semoga bisa turut mendukung perjalan kami di liga,” katanya.

Mengenai rencana perpindahan dan launching tim, pihaknya belum bisa memberikan tanggal pastinya. Namun sebagai batasan, setidaknya setelah tim selesai mengikuti Piala Presiden 2018. “Nanti akan ada launching klub di sini. Langkah terdekat kami akan matangkan lagi rencana ini. Tapi kami harapkan warga Bantul untuk menerima PS Tira dengan senang hati serta berbondong-bondong datang ke stadion,” harapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Bantul Suharsono menyambut baik dan antusias dengan adanya klub Liga 1 itu di Bantul. Dalam pertemuan tersebut, Suharsono juga memastikan akan menyediakan keperluan yang dibutuhkan PS Tira Bantul selama bermarkas di daerahnya. “Penyediaan fasilitas kami siapkan, agar nyaman akan ada fasilitas yang lengkap. Kami juga berharap dengan adanya tim Liga 1 gairah persepakbolaan di Bantul akan meningkat,” ujar pria yang juga ketum Askab PSSI Bantul itu. (riz/din/mg1)