MEMBUAT lokasi agar bisa menjadi lokasi wisata dan banyak didatangi pengunjung bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan semangat warga untuk mengangkat potensi daerahnya untuk dijadikan objek wisata.

Hasil akhirnya? Membuat kesejahteraan warga terangkat. Pengunjung semakin banyak, pemasukan uang pun meningkat. Demikian pula yang dilakukan warga Dusun Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul.

Jika Anda berkunjung ke Jogja, menjadi lengkap wisata Anda jika berkunjung ke sini. Lokasinya pun instagramable. Layak foto saat berkunjung ke sana dinarsiskan ke media sosial, salah satunya Instagram.

Warga Dusun Sukorame secara kreatif mengembangkan lahan pertanian di wilayah perbukitan yang ada di dusunnya sebagai destinasi wisata. Secara bergotong-royong mereka menyulap lahan pertanian seluas 26 hektare menjadi lokasi spot foto yang memesona.

Secara swadaya pula, warga membuat jalan setapak berupa jembatan bambu sepanjang 360 meter. Sengaja jembatan itu dibangun di atas hamparan hijaunya tanaman padi yang dikelilingi perbukitan.

Hasilnya? Kawasan persawahan yang semula tidak pernah dijamah warga luar desa, langsung banyak dikunjungi wisatawan luar daerah. Mereka terpesona dengan pemandangan indah tanaman padi yang menghijau.

Spot wisata itu langsung populer di sejumlah media sosial seperti Instagram dan Twitter. Anda nggak ingin ke sana? Jika iya, Anda bisa disebut generasi zaman old. Segeralah ke sana, rekam keindahan alam dan upload ke medsos Anda. (sky/iwa/mg1)