KULONPROGO-Pelaku pembakaran kita suci Alquran di Masjid Al Iman, Dusun Siluwok Lor, Desa Tawangsari, Kecamatan Pengasih telah ditangkap. Kendati pelaku pengidap skizofrenia alias gila, Polres Kulonprogo tetap akan meneruskan proses hukum.”Berdasarkan hasil visum et repertum psikiatrum yang dikeluarkan oleh RSUP dr.Sardjito. Tiga dokter spesialis kejiwaan yang memeriksa menyatakan bahwa pelaku postif mengidap skizofrenia berat,” kata Kapolres Kulonprogo AKBP Irfan Rifain, Jumat (19/1).

Dijelaskan, saat dimintai keterangan pelaku memiliki namanya Wli alias Rosalia Indah alias Gina alias Jelita, kendati demikian nama-nama itu tidak bisa dipertanggungjawabankan. Sebab, yang pelaku sulit diajak berkomunikasi. Kendati demikian berkas tetap dikirim ke pengadilan, berikut hasil visum. “Pengadilan yang akan memutusakan perkara ini. Dengan terungkapnya pelaku, diharapkan masalah atau iseu tidak melebar keman-mana, konduifitas Kulonprogo tetap terjaga dengan baik,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 25 Alquran ditemukan dalam kondisi hangus terbakar di kamar mandi Masjid Al Iman, Dusun Siluwok Lor, Desa Tawangsari, pada Selasa (2/1). Dari keterangan sejumlah saksi, pelaku diperkirakan mengalami gangguan kejiwaan. (tom/din/mg1)