RINDU suasana desa? Udara sejuk, tenang dan jauh dari hiruk pikuk? Silakan ke warung Geblek Pari Nanggulan. Terletak di Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kulonprogo.

Jika ingin ke sana, dari Jogja lewat Jalan Godean. Lurus ke barat lewati jembatan Sungai Progo. Temukan Perempatan Kenteng Nanggulan di sebelah barat Pasar Wage Kenteng, Nanggulan.

Public Relations and Marketing Geblek Pari Merici Putri mengatakan warung ini warung ndeso. Dikelola oleh keluarga. Pemiliknya Yacinta Yuli Winarti bersama putranya Popo Yuda.

Menawarkan sederet pemandangan area persawahan yang luas. Ditambah dengan garis Bukit Menoreh yang menawan berjajar beriringan.

Menu utama Warung Geblek Pari yakni geblek. Masakan khas desa juga ada. Seperti sayur brongkos, sayur lodeh, sayur daun ketela, dan sop sayur.

Lauknya ada telur dadar goreng, cakar bacem, tahu bacem, dan ikan pindang. Untuk minuman, ada teh, jeruk, serai, kopi, dan teh bunga rosella.

“Suasana kami buat seperti pulang kampung. Pulang ke rumah eyang di desa. Menunya ambil sendiri di dapur. Seperti di rumah sendiri. Makannya di pinggir sawah,” ujar istri Popo Yuda Saputra ini.

Di dapur terdapat beberapa panci berisi sayur dan lauk. Pengunjung bebas mengambil nasi dan sayur sebanyak yang diinginkan.

Harga makanan dan minuman di Warung Geblek Pari Nanggulan cukup murah. Terjangkau untuk semua kalangan.

Putri mengatakan terdapat rumah joglo kayu dan bangunan dari galvalum. Ada taman kecil dan kolam ikan. Meja kursi dari kayu diletakkan di luar bangunan untuk memberikan kesan bersantap di alam terbuka.

Warung ini direkomendasikan sebagai tempat bersantap ketika berwisata di sekitar Kulonprogo. Khususnya saat ke Air Terjun Kedung Pedut, Air Terjun Grojogan Sewu, Goa Kiskendo, dan objek wisata yang melewati area Pasar Wage Kenteng Nanggulan.

“Semoga Geblek Pari melengkapi daya tarik wisata Jogjakarta,” kata Putri. (nn/iwa/mg1)

(GRAFIS: HERPRI KARTUN/RADAR JOGJA)
KENANGAN: Warung Geblek Pari Nanggulan menawarkan sajian menu ndeso yang cocok sebagai obat kangen desa. (GEBLEK PARI FOR RADAR JOGJA)
NATURAL: Sambil menikmati menu yang disediakan Warung Geblek Pari, pengunjung bisa menikmati pemandangan sawah. (GEBLEK PARI FOR RADAR JOGJA)