MAGELANG – Sudah menjadi adat, pergantian Panglima TNI akan berdampak pada pergantian Ibu Asuh Kehormatan Taruna Akademi TNI. Istri Panglima TNI, Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, menerima pemasangan selempang dan pengalungan medali sebagai tanda resmi melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Ibu Asuh. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Pancasila Akademi Militer (Akmil) Magelang, dalam sebuah kegiatan bernama Upacara Tradisi Ponyad Pora

“Upacara pengukuhan Ibu Kehormatan Taruna Akademi TNI merupakan bagian dari rangkaian pergantian Panglima TNI, dari Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Dengan adanya rotasi jabatan pucuk pimpinan TNI itu, maka istri Panglima TNI akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab menjadi Ibu Asuh Kehormatan Taruna Akademi TNI,” kata Kepala Penerangan dan Humas (Kapenhumas) Akmil Letkol Inf Dr Asep Kusman Msi, kemarin.

Sebelumnya, bertempat di Gedung Lily Rochly Akmil, istri Gubernur Akmil Mayjen TNI Eko Margiyono, Ibu Atiek Eko Margiyono dikukuhkan sebagai Ibu Asuh Taruna/Taruni. Tugas ini merupakan bentuk tanggung jawab sebagai pengganti orang tua taruna/taruni agar sukses dalam menempuh pendidikan di Akmil, sebagai calon-calon pemimpin TNI Angkatan Darat di masa mendatang.

Prosesi pengukuhan diawali dengan berjalannya Ibu Asuh melalui Gerbang Ponyard (pedang khas Taruna) sampai dengan Payung Ponyard oleh tim jajar Taruna Akmil. Acara kemudian dilanjutkan pengalungan medali simbol Ibu Asuh oleh Danmenkorpstar Sermatutar Rovi Adya Prawira kepada Atiek Eko Margiyono.

“Keberadaan saya di sini anggaplah sebagai pengganti orang tuamu, dan saya akan berbuat yang terbaik untuk anak-anakku para taruna. Siapkan dan bekali diri secara profesional dan proporsional, baik di bidang intelektual, kepribadian, maupun kesamaptaan jasmani, sehingga pada akhir tugas dalam menempuh pendidikan di Lembah Tidar dapat menjadi sosok Perwira TNI Angkatan Darat yang berkarakter, handal, mempunyai integritas dan memiliki komitmen yang tinggi, tangguh, tahu akan peran, fungsi dan tugasnya,” pinta Atiek. (dem/laz/mg1)