Persiba Bantul belajar banyak dari pengalaman Liga 2 musim lalu. Terlambat membentuk tim dan banyak mengisi skuad dengan pemain lokal membuat penampilan tim mengecewakan. Dengan hanya mengoleksi 4 poin dari 14 pertandingan membawa Laskar Sultan Agung terdegradasi ke Liga 3.

Karena itu, musim 2018 ini tim berencana lebih awal membentuk tim. “Pembentukan tim kami usahakan Februari. Yang pertama kami berusaha memilih pelatih dulu. Agar nanti pencarian pemain bisa sinkron,” ujar manajer Persiba Endro Sulastomo kepada Radar Jogja, kemarin.

Beruntung, meskipun berada di kasta ketiga tidak menyurutkan minat para pelatih untuk melamar ke Persiba. Tidak hanya pelatih lokal, namun bahkan juga dari negeri tetangga, Malaysia pun tertarik membesut Juara Divisi Utama 2010/2011 itu.

Endro menyebut beberapa nama pelatih yang berminat melatih di Bantul. Di antaranyaM Hasan eks pelatih Persinga Ngawi, Hidayat ekspelatihPersibamusim lalu, Kahudi Wahyu mantanpelatihSragen United dan Gatot Barnowo ekspelatihPSCS Cilacap. “Ternyata, meski kami baru saja terdegradasi, sejumlah pelatih tetap tertarik untuk bergabung,” ungkapnya.

Daftar tersebut masih berlanjut oleh para pelatih yang menyatakan kesiapannya untuk bergabung dan memimpin tim Persiba musim depan. Di antaranya, Danang Suryadi mantan asisten pelatih Sriwijaya FC U-19, Abdul Faiz Rusmani eks asisten pelatih Bali United U-19, Nanangkus yang pernah membesut Persipur Purwodadi, hingga mantan pelatih Tim Nasional Putri Malaysia tahun 2011-2014 dan tim MISC-MIFA, Jacob MJ Joseph. “Jelas dengan adanya banyak pelatih yang melamar ini, maka kami memiliki lebih banyak pandangan mengenai rencana tim ini musim depan,” imbuhnya.

Selanjutnya, dari beberapa nama tersebut akan dibawa dalam rapat manajemen. Akan ada banyak pertimbangan dalam menentukan juru taktik Slamet Widodo dkk. Agar jangan sampai seperti musim lalu yang menggunakan tiga pelatih dalam semusim.

“Regulasi kompetisi Liga 3 seperti apa juga belum ada. Lisensinya nanti apa, pemainnya nanti ada batasan usia atau tidak kan belum ada, padahal itu nanti sangat berpengaruh pada posisi pelatih juga. Itu yang nanti akan kami pertimbangkan,” paparnya. (riz/din/ong)