JOGJA – PSSI sudah selesai menggelar kongres pekan lalu. Namun aturan mengenai regulasi dan jadwal Liga 1, 2 dan 3 belum juga jelas. Baru ada perkiraan yang tentu saja masih sangat mungkin mundur. Seperti, Liga 1 yang katanya akan dimulai setelah selesainya Piala Presiden di akhir Februari. Lalu menyusul di awal Maret diputar Liga 2.

“Kongres PSSI menetapkan kompetisi mulai sekitar Maret tapi belum disertai juga kepastian regulasinya seperti apa. Nah, saat ini kami mendorong agar PSSI segera keluarkan regulasinya baik untuk Liga 1, 2 dan juga 3,” kata Waketum Asprov DIJ Dwi Irianto kemarin (18/1).

Termasuk kepada pengurus 40 klub Liga 2 yang terdegradasi ke Liga 3. Menurut Mbah Putih, sapaanya, tidak perlu lagi meminta dibuatkan liga tersendiri dengan status profesional. Namun segera bersiap dan membentuk tim jauh-jauh hari agar bisa kembali naik ke Liga 2. “Sudah tidak perlu lagi. Terima saja dengan legawa,” lanjutnya.

Karena itu, pihaknya mendorong kepada pengurus Asprov seluruh Indonesia agar segera bersiap memutar kompetisi internal. Sebab dengan perkiraan putaran nasional Liga 3 dimulai Juli maka di tingkat regional provinsi harus segera dimulai. “Akan panjang sekali durasinya. Makanya, kompetisi asprov harus segera diputar untuk mencari 24 tim yang lolos ke Liga 3 Nasional dan bertemu dengan 40 tim yang sudah menunggu lagi,” paparnya.

Di sisi lain, pihaknya juga mengatakan PSSI agar segera mendorong semua Asprov memutar kompetisi di daerah untuk menentukan wakilnya di nasional. “Kalau asprovnya tidak bisa memutar, ditinggal saja dan kuotanya tidak perlu dikasihkan,” tegasnya. (riz/din/ong)