GUNUNGKIDUL – Dua objek wisata minat khusus di Gunungkidul tergenang air. Aktivitas wisata di Gua Jomblang dan Kalisuci itu pun ditutup.

Pengelola Gua Jomblang Cahyo Alkantana mengatakan gua tersebut terdampak banjir. Penutupan selama dua hari sejak 12 Januari 2018. Debit air di luweng mengalami peningkatan setinggi 30 meter.

“Sekarang (kemarin) kondisinya berangsur pulih. Hari ini (kemarin) sudah dibuka lagi untuk pengunjung,” kata Cahyo Alkantana Minggu (14/1).

Menurut Cahyo, penutupan Gua Jomblang kondisinya bergantung pada alam. Hujan yang terus mengguyur berdampak terhadap peresapan air menjadi lebih lama.

“Kami tidak mau ambil risiko. Jadi, saat dasar gua tergenang, Jomblang ditutup dan kembali dibuka setelah mengering,” ujar Cahyo.

Ketika kondisi luweng mengering, pengelola melakukan kegiatan bersih-bersih. Pengelola juga memerhatikan aspek keamanan pengunjung.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul Hary Sukomo mengatakan penutupan juga berlangsung di Cave Tubing Kalisuci.

“Sebelumnya pernah ditutup karena terdampak banjir 28 November. Sempat dibuka namun sekarang ditutup kembali,” kata Hary Sukmono. (gun/iwa/mg1)