JOGJA – Pengurus Besar Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PB PBVSI) menunjuk tim Jakarta Pertamina Energi sebagai tuan rumah Seri I Proliga 2018. Rencananya Seri I akan digelar di GOR UNY pada 19-21 Januari 2018. Sebanyak 7 tim putri dan 5 tim putra akan berpartisipasi, dengan 12 pertandingan selama tiga hari tersebut.

GM Pertamina Marketing Operasional Regional IV Yanuar Budi Hartanto mengatakan, tidak seperti biasanya yang digelar di GOR Amongraga, PB PBVSI menunjuk GOR UNY sebagai venue pertandingan. Menurut Yanuar, beberapa pertimbangan diambil diantaranya karena tempat tersebut berada di sekitar kampus UNY, UGM, dan Sanata Dharma.

“Kami ingin menarik sebanyak-banyaknya penonton khususnya penggemar voli. Terutama komunitas yang berada di sekitar kampus. Sehingga gaungnya bisa terasa, apalagi kami terapkan tiket yang terjangkau,” ungkapnya.

Panitia akan mencetak 5.000 tiket tribun dengan banderol Rp 30 ribu, dan 250 lembar tiket VIP dengan harga Rp 60 ribu. Pihaknya menargetkan setidaknya 3/4 kapasitas GOR bisa terpenuhi.”Kami berharap bisa memberikan alternatif hiburan menarik dari olahraga voli. Serta menumbuhkan minat talenta muda untuk giat lagi dalam olahraga voli,” tambahnya.

Pjs Marketing Branch Manager Pertamina DIJ Surakarta Ronia Prasetyawati menambahkan, tim peserta akan datang tiga hari sebelum pertandingan. Sementara sehari sebelum pertandingan akan ada technical meeting dan jumpa pers sekaligus mengenalkan peserta. “Selain Jogja, ada 7 kota penyelenggara di seri selanjutnya yakni Batam, Gresik, Denpasar, Palembang, Bandung, Malang, dan Solo,” paparnya.

Sedangkan peserta Proliga 2018 terdiri dari 7 tim putri dan 5 tim putra. Tujuh tim putri yakni Jakarta PLN Elektrik, Jakarta Pertamina Energi, Gresik Petrokimia, Jakarta PGN Popsivo, Bandung BJB Pakuan, Jakarta BNI Taplus dan Bekasi BVN.

Di bagian putra ada Jakarta Pertamina Energi, Palembang Bank Sumsel Babel, Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta BNI Taplus dan Bekasi BVN. Pada musim 2017 juara di bagian putri diraih Jakarta Elektrik PLN untuk ketiga kalinya. Sedangkan sektor putra direbut Jakarta Pertamina Energi. (riz/din/mg1)