GUNUNGKIDUL – Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Gunungkidul melakukan pengecekan ketertiban disiplin bagi personel polisi. Dalam razia Propam, petugas memberikan surat bukti pelanggaran (tilang) dan teguran.

Kepala Seksi (Kasi) Propam Polres Gunungkidul Ipda Soni Yuniawan mengatakan operasi berlangsung di Mapolres Gunungkidul Rabu (10/1). Propam melakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan dan kelengkapan administrasi seperti KTA, KTP, BPJS, SIM dan STNK.

“Kami juga memeriksa surat kelengkapan jati diri. Serta pemeriksaan sikap dan tampang personel Polres Gunungkidul,” kata Soni Yuniawan.

Dia mengungkapkan, hasil pemeriksaan sikap tampang, Propam menemukan beberapa anggota kurang rapi mengenakan seragam. Mereka diberikan arahan merapikan penampilan. “Performa anggota kepolisian harus bagus, demikian pula dengan sikapnya,” ucapnya.

Hasil pemeriksaan Propam di pintu gerbang Mapolres, menindak 17 pelanggaran. Delapan ditilang karena tidak mengenakan safety belt, tiga tilang spion, serta satu tilang tidak membawa STNK.

“Kami juga menegur lima anggota yang SIM-nya masih berprofesi pelajar,” ujarnya.

Masa berlaku SIM lima tahun. “Waktu itu (mereka) masih pelajar, kemudian mendaftar menjadi polisi dan SIM masih berlaku. Karena ada perubahan status maka perlu diganti,” tegasnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Gunungkidul AKP Mega Tetuko berharap anggota Polri menjadi pelopor tertib di ruang publik. Termasuk tertib berlalu lintas. Dengan memberi contoh baik, tentu masyarakat akan mengikuti.

“Jadi, kami tidak tebang pilih dalam penegakan disiplin. Mau anggota atau siapapun, jika melanggar, maka dilakukan penindakan,” tegas Mega Tetuko. (gun/iwa/mg1)