PURWOREJO-Harapan pedagang Pasar Baledono untuk kembali ke berdagang belum bisa direalisasikan bulan ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo meminta pelaksana proyek yakni PT Hutama Karya mengatasi genangan di dalam pasar akibat kebocoran saluran air.

Hal itu disampaikan Asisten II Sekda Purworejo Gandi Budi Supriyanto usai menjadi moderator kegiatan rapat koordinasi yang diadakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (10/1).

Menurutnya, dari hasil pengecekan akhir yang dilakukan pada Kamis (3/1) lalu masih ditemukan sisa pekerjaan yang kurang beres.”Pada malam harinya hujan cukup deras dan menyisakan beberapa titik genangan yang bersumber dari talang air,” kata Gandi.

Dia memperkirakan pekerjaan itu bisa selesai dalam dua minggu. Dia meminta kepada PT HK maupun PPKom agar bisa menyelesaikan hal itu sampai akhir bulan. “Jadi praktis bulan ini pedagang belum bisa masuk,” jelas Gandi.

Karena itu, Gandi memastikan pedagang bisa masuk ke pasar Februari mendatang. Ditambahkannya, dengan selesainya proyek Pasar Baledono di akhir tahun lalu, pemkab telah mengundang pedagang untuk berembug. Pemkab sempat melontarkan opsi rencana awal masuk. Hanya saja malah terjadi pertentangan di antara pedagang.

Pemkab akhirnya menentukan kepastiannya dan menyampaikan validasi pedagang yang bisa masuk ke pasar. Demikian pula pembicaraan dengan perbankkan, sudah kita lakukan.”Karena para pedagang yang memiliki urusan dengan bank harus jelas dulu bagaimana dengan tanggung jawab mereka. Jadi kami tidak semata-mata memberikan kunci,” ungkapnya. (udi/din/mg1)