MAGELANG-Nama Taj Yasin akhirnya yang muncul sebagai pendamping petahana Ganjar Pranowo dalam Pilgub Jawa Tengah 2018. Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito yang sempat ikut bursa pencalonan wakil gubernur Jateng melalui PDI Perjuangan, bersama beberapa pimpinan daerah lainnya,legawamenerima kenyataan ini.. “Saya tidak masalah, tetap tenang,” katanya usai apel pagi jajaran Pemkot Magelang, Selasa (9/1).

Menurut Sigit, dengan tidak turunnya rekomendasi partai untuknya, dia bersama Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina bisa lebih fokus memajukan kota yang memilikitaglineSejuta Bunga itu. Apalagi, masa jabatan mereka masih tiga tahun ke depan. “Masa jabatan saya kan baru dua tahun besok, Februari. Masih tiga tahun lagi. Saya akan fokus memajukan Kota Magelang bersama wakil wali kota. Memaksimalkan program-program yang sudah dirumuskan,” jelasnya.

Program-program tersebut, baik fisik maupun non fisik. Khusus untuk program pembangunan fisik, Sigit meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menyiapkan sejak awal tahun. “Saya senang bahwa tahun 2017 kemarin, tidak ada pembangunan fisik yang putus kontrak, artinya terlaksana semua. Saya harap tahun 2018 ini bisa dipersiapkan lebih awal dan selesai sesuai waktu,” ujarnya.

Pernyataan tanpa beban ini juga muncul, saat Sigit ditanya menjelang pengumuman calon wakil gubernur Jateng oleh Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri. “Lihat wajah saya, santai saja.Enggakada beban sama sekali. Saya sudahndakmikir itu. Semua saya serahkan kepada Tuhan,” kata Sigit usai gelar pasukan pengamanan Pilgub Jawa Tengah, di Alun-alun Kota Magelang, Jumat (5/1) lalu.

Sigit menyatakan, apa pun yang diputuskan oleh PDI-P adalah yang terbaik dan tentunya sudah melalui pertimbangan matang. Baginya, pengabdian kepada masyarakat sudah lebih dari cukup. Karena dia menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sejak 1978 dan terpilih menjadi Wali Kota Magelang untuk dua periode, 2010-2015 dan 2015-2020. “Saya mengabdi sudah 40 tahun. Sudah berusia, (jabatan) terakhir ini pengabdian terbaik untuk Kota Magelang,” jelasnya

Selain Sigit, ada 13 nama lain telah mendaftarkan diri menjadi calon wakil gubernur Jawa Tengah melalui PDI-P. Di antaranya petahana Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko, Bupati Pemalang Junaedi, Bupati Jepara Ahmad Marzuki, mantan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen (Purn) Sunindyo, dan lainnya.

Dalam pengumumannya di Kantor DPP PDI Perjuangan Lenteng Agung Jakarta, Minggu (7/1), Megawati menyebut petahana Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur untuk Pilgub Jateng. Dia didampingi Ketua DPC PPP Jepara Taj Yasin atau Gus Yasin, yang juga putra kiai karismatik asal Sarang, Rembang KH Maimun Zubair, sebagai calon wakil gubernur. PDIP berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PPP.

Terkait tahun politik, Sigit Widyonindito meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bisa memosisikan diri dengan baik. Sebagai pelayan masyarakat, mereka diharapkan bisa membantu menciptakan suasana yang aman dan kondusif.”Untuk Pilgub, gunakan hak pilih dengan baik. Yang penting Kota Magelang tetap aman, nyaman, kondusif,” tandasnya.(dem/ady/din/mg1)