SLEMAN – Timnas Islandia akhirnya menjalani latihan perdana di Stadion Sultan Agung Bantul (SSA), Selasa (9/1). Tim berjuluk The Ours Boys itu berlatih di siang hari sekitar pukul 11.00. Namun dalam latihan tersebut, media hanya diberi waktu mengambil gambar pada lima belas menit pertama. Setelah itu latihan digelar tertutup.

Asisten Pelatih Timnas Islandia Helge Kolvidsson mengatakan pertandingan melawan Indonesia Selection akan berlangsung cukup menarik dengan materi pemain yang ada dalam skuad besutan Robert Rene Albert tersebut. Pihak Islandia tetap memperhatikan dan mencari tahu kekuatan calon lawannya itu. “Kami melihat video pemain di internet dan melihat nama-nama pemain. Mereka punya kualitas. Kami tentu respek dan tetap harus mewaspadai,” ujar Kolvidsson.

Selain itu, materi pemain Indonesia Selection menurutnya, sebagian besar merupakan kapten di masing-masing klub dan tentunya punya kelebihan. Pihaknya juga menilai, pelatih Indonesia Selection juga pelatih yang bagus. “Kami melihat beberapa pertandingan Indonesia,” imbuhnya.

Dengan materi tersebut, Kolvidsson memperkirakan pertandingan akan berjalan ketat. Hal itu tentu akan menjadi pengalaman bagi Timnas Islandia yang bermaterikan mayoritas pemain-pemain muda.

Pelatih akan memberi kesempatan pemain muda ini untuk menunjukkan kualitasnya dalam bermain saat laga dengan Indonesia Selection. Pertandingan itu akan menjadi pengalaman yang bagus bagi pemain muda mereka.

Salah satu kontestan Piala Dunia 2018 di Rusia ini memang sengaja menggelar latihan saat tengah hari sebagai persiapan untuk meningkatkan stamina kala bermain di daerah tropis. Hal ini berbeda ketika bermain di Eropa yang memiliki empat musim dan cenderung suhu udara dingin.

“Dua hari di Jogja para pemain bisa menyesuaikan musim panas yang ada di Indonesia. Pemain sudah beristirahat dan kondisi fisiknya sudah kembali usai perjalanan panjang dari Islandia ke Indonesia,” bebernya. (riz/din/mg1)