MUNGKID – Hujan lebat yang mengguyur kawasan Magelang dan sekitarnya Senin (8/1) mengakibatkan beberapa wilayah mengalami longsor. Selain itu juga sejumlah pohon tumbang dan mengakibatkan akses jalan penghubung antardesa terputus.

Kerusakan-kerusakan ini menimpa sejumlah wilayah di Kacamatan Borobudur, Mungkid, dan Salaman. Di Dusun Kamal RT 02 RW 01, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur material tanah longsor menimpa rumah penduduk.

Salah satu relawan siaga bencana Roni menginformasikan, hujan dengan intensitas di atas sedang mulai pukul 15.00 WIB sampai 17.00 mengakibatkan tanah longsor di Dusun Kobar RT 01 RW 09, Desa Kalirejo, Kecamatan Salaman. Material tanah longsor dengan tinggi delapan meter, panjang 10 meter, ketebalan dua meter mengenai rumah Trimo, 55. Rumah ini dihuni lima jiwa.”Material tanah longsor menimpa dinding rumah dan menutup akses jalan gang,” jelasnya.

Selain itu, juga ada bencana tanah Longsor di Dusun Serut, Desa Bigaran, Kecamatan Borobudur. Dampak bencana ini sempat menutup akses Jalan Bigaran – Kenalan Borobudur. Tebing setinggi tujuh meter dengan panjang lima meter dan lebar tiga meter longsor. Sehingga menutup akses jalan dengan ketebalan sekitar satu meter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Magelang Edy Susanto menyatakan, satgas PB sudah melakukan langkah cepat. Selain itu, koordinasi penanganan dengan Pemerintah Desa, damkar

dan relawan.”Potensi bencana alam terdapat retakan yang berpotensi longsor karena tanah pada tebing tesebut sudah jenuh air,” katanya.

Sementara itu, untuk di Kecamatan Mungkid bencana terjadi di beberapa titik. Seperti, Jalan Palbapang – Borobudur, Ngrajek, Kecamatan Mungkid terdapat pohon. Dampaknya tumbang menutup sebagian akses jalan dan menimpa tiang lampu penerangan jalan.”Kerusakannya yaitu, tiang lampu penerangan jalan roboh,” ujarnya.

Di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Sawitan, Kecamatan Mungkid terdapat pohon tumbang menutup akses jalan munuju Borobudur ataupun sebaliknya. Juga ada pohon tumbang di lapangan tenis dan kolam renang Mendut. Di Jalan Soekarno-Hatta, depan Kantor PDAM pohon tumbang menutup trotoar. (ady/din/mg1)