MUNGKID – Hari kedua masa pendaftaran bakal calon pasangan bupati dan wakil bupati Magelang masih juga sepi. Di Kantor KPU Kabupaten Magelang di Jalan Soekarno-Hatta, Mungkid tak ada yang mendaftarkan diri.

Kabar yang beredar, ada dua gerbong koalisi yang akan mendaftarkan bakal calon pasangan. Pertama, koalisi PDIP, PKB, PPP, PAN, dan Partai Demokrat yang mengusung Zaenal Arifin SIP (bupati incumbent, Red) – Edi Cahyana (kader PKB, Red). Kedua, koalisi Gerindra, Golkar, dan PKS yang mengusung Zaenal Arifin SH (wakil bupati incumbent, Red) – Rohadi Pratoto (mantan kepala Bappeda). Namun, hingga kemarin sore, kedua koalisi itu belum memberikan sinyal untuk mendaftarkan diri ke KPU. “Kemungkinan akan dilakukan 10 Januari daftarnya,” kata Desk Pilkada DPC PPP Kabupaten Magelang M Sobikin Selasa (9/1).

Nah, jika di hari kedua tidak ada yang mendaftarkan diri, berarti hanya tersisa waktu terakhir hari ini. Partai politik atau gabungan partai politik tingkat kabupaten dapat mendaftarkan bakal calon pasangan bupati harus memenuhi syarat minimal perolehan kursi minimal 20 persen dari jumlah kursi 50 anggota DPRD Kabupaten Magelang.

Jika sesuai pemilihan umum tahun 2014, minimal memiliki 10 kursi. Atau minimal 25 mpersen dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilihan Umum Anggota DPRD Kabupaten Magelang 2014. Yaitu, 186.691 suara sah.

Bakal calon wakil bupati Rohadi Pratoto mengatakan, bersama Zaenal Arifin SH sudah menjalin komunikasi sejak tiga bulan lalu. Rencananya, dia akan berangkat mendaftarkan diri ke KPU sekitar pukul 10.00. Tim akan mengunjungi beberapa kantor parpol pendukung dan kantor organisasi kemasyarakatan, setelah itu ke KPU. “Dengan bergabungnya parpol-parpol, menjadikan suasana hangat bagi paslon,” ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin menegaskan secara resmi akan ada dua bakal pasangan calon bupati Magelang 2018 yang mendaftarkan. Keduanya yaitu, bapaslon HM. Zaenal Arifin S H – H Rohadi Pratoto, S.H, M.Si. pukul 10.30 WIB. Pendaftaran diikuti 150 personel pendukung (Golkar, Gerindra, dan PKS).

Untuk bapaslon Zaenal Arifin, S.I.P – Edi Cahyana, S.E. pukul 13.30 WIB. Pendaftaran diikuti 300 personil pendukung seperti PDIP, PKB, PPP, PAN, dan P Demokrat. (ady/din/mg1)