Benih-benih kemesraan Partai Demokrat dan PDI Perjuangan dalam koalisi menghadapi Pilgub Jateng 2018, mulai disosialisasikan. Hal ini dengan diusungnya nama calon petahana Ganjar Pranowo yang merupakan kader PDIP dengan putera KH Maimoen Zubair, Taj Yasin atau Gus Yasin. Padahal baik Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono maupun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri baru mengumumkan “kerja sama politik” itu Minggu (7/1) lalu.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Magelang Marjinugroho menyambut dengan suka cita koalisi itu. Sehingga pihaknya bergerak cepat dengan segera melakukan sosialisasi kepada anggota maupun simpatisan partai. Tujuannya, mesin partai segera bisa digerakkan untuk pemenangan.

“Saking senangnya dengan koalisi ini, kami langsung bergerak melakukan sosialisasi,” kata Marjinugroho di sela-sela sosialisasi di Kantor Sementara DPC Partai Demokrat Kota Magelang, Ruko Diponegoro, kemarin.

Dalam sosialisasi ini, beberapa kader sempat mempertanyakan kenapa Demokrat yang memiliki kursi lebih banyak (9) justru tidak menempatkan kadernya di posisi calon wakil gubernur. Justru PPP yang memiliki delapan kursi di DPRD Jateng bisa menempatkan Ketua DPC PPP Jepara Gus Yasin mendampingi Ganjar.

“Soal itu tentu sudah dihitung dengan cermat oleh ketua umum kita (SBY). Kita yang di daerah harus bisa mendukung dan mensukseskannya,” ujar pria yang akrab disapa Marjinu.

Soal digunakannya Ruko Diponegoro sebagai kantor sementara, pria yang baru November 2017 lalu pensiun dari PNS ini menjelaskan, Kantor DPC di Cacaban sedang dilakukan perbaikan. Sehingga untuk sementara beberapa kegiatan dilakukan di Ruko Diponegoro. “Banyak yang rusak dan harus dibenahi dulu, agar bisa dipakai lagi,” tuturnya.

DPC Partai Demokrat Kota Magelang sendiri bertekad menggapai kembali kejayaan dalam kancah perpolitikan yang pernah diraih, beberapa tahun lalu. Di penghujung tahun 2017 lalu sudah memulai hal yang baru, yakni pergantian kepemimpinan dan perekrutan anggota baru.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Magelang saat ini dipegang Dian Mega Aryani yang tengah duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Magelang. Dian menggantikan posisi ketua sebelumnya, Hasan Suryoyudho, yang pernah menjabat ketua DPRD Kota Magelang (2009-2014).

Dian berduet dengan Marjinugroho sebagai sekretaris yang notabene rekruitmen anggota baru. Sebelumnya Marjinu PNS dengan jabatan terakhir Kabid Perijinan dan Non Perijinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemkot Magelang. Dian beralasan, konsolidasi membutuhkan orang yang segar, berdimensi baru, mau berjuang, dan dedikasi tinggi menuju profesionalisme kader untuk masa depan partai.

“Saya rasa Pak Marjinugroho mewakili itu semua. Beliau memiliki kemampuan dan kapasitas yangmumpuni. Kami senang beliau bisa bergabung dengan Partai Demokrat,” tandasnya. (dem/laz/mg1)