MUNGKID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang membuka masa pendaftaran bakal calon pasangan bupati Magelang. Pendaftaran dibuka mulai Senin hingga Rabu besok (8-10/1). Pada hari pertama kemarin, belum ada satu pun bakal calon pasangan bupati yang mendaftarkan diri ke Sekretariat KPU di Jalan Soekarno-Hatta, Mungkid.

Memasuki masa pendaftaran ini, kantor KPU sedikit disulap. Beberapa titik sudah dipasang dekorasi seperti acara pernikahan. Beberapa personel keamanan juga stand by di kantor KPU. “Hari ini belum ada yang koordinasi mau mendaftarkan diri,” ujar Komisioner KPU Kabupaten Magelang Reni Pujiastuti Senin (8/1).

Pendaftaran dibuka khusus bagi pasangan kepala daerah melalui jalur partai politik. Untuk pendaftaran 8-9 Januari, dibuka pukul 08.00-16.00. Khusus hari terakhir, masa pendaftaran dibuka sampai pukul 24.00 WIB. “Hari ini (Senin, Red) sampai pukul 16.00,” kata Reni.

Partai politik atau gabungan partai politik tingkat kabupaten dapat mendaftarkan bakal calon pasangan bupati dengan syarat khusus. Yaitu, harus memenuhi syarat minimal perolehan kursi minimal 20 persen dari jumlah kursi 50 anggota DPRD Kabupaten Magelang.

Jika sesuai Pemilu 2014, minimal memiliki 10 kursi. Atau minimal 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pileg DPRD Kabupaten Magelang Tahun 2014. Yaitu, 186.691 suara sah.

“Pada masa pendaftaran bakal calon bupati Senin kemarin, personel dari pihak keamanan yang berjaga polisi 20, Kodim 5, dan Satpol 5,” jelasnya.

Kabar yang beredar, ada dua gerbong koalisi yang akan mendaftarkan bakal calon pasangan bupati Magelang. Pertama, PDIP, PKB, PPP, PAN, dan Demokrat mengusung Zaenal Arifin SIP (bupati petanana)-Edi Cahyana (kader PKB). Kedua, koalisi Gerindra, Golkar, PKS mengusung Zaenal Arifin SH (wakil bupati aktif)- Rohadi Pratoto (mantan kepala Bappeda). Hingga kemarin siang, kedua koalisi belum memberikan signal akan mendaftarkan diri ke KPU.”Paling tanggal 10 Januari daftarnya,” kata Desk Pilkada DPC PPP Kabupaten Magelang M Sobikin.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kabupaten Magelang Suwarsa menyatakan, pihaknya segera koordinasi dengan partai koalisi guna menyiapkan secara teknis pendaftaran di KPU. Mengingat tinggal ada waktu dua hari efektif, 9 dan 10 Januari masa pendaftaran di KPU.

Ia mengaku sudah menerima surat keputusan dari DPP PKB tentang persetujuan bakal calon bupati dan wakil bupati Magelang. Yaitu, kepada Zaenal Arifin SIP dan Edi Cahyana. Surat keputusan diterima Senin, 8 Januari sekitar pukul 9.45.

“Surat keputusan itu kami terima di kantor DPW PKB Jawa Tengah. Surat disampaikan oleh Desk Pilkada DPW PKB Jateng,” urainya.

Selanjutnya, ketua DPC PKB akan segera sosialisasikan ke semua struktur di PKB. Dan akan dikomunikasikan dengan partai koalisi, DPC PDI Perjuangan, DPC PPP, DPD PAN dan DPC Partai Demokrat.

“Partai koalisi tersebut yang telah lebih dulu menerima surat keputusan persetujuan pasangan calon tersebut, dari DPP nya masing-masing,” katanya. (ady/laz/mg1)