EVENT creative market semakin diminati masyarakat umum. Bisa terlihat dari pengunjung yang datang. Tidak hanya remaja dan anak muda. Para orang tua pun datang.

Tak hanya perempuan yang datang. Para pria pun tak malu mendatangi acara tersebut. Salah satu yang selalu menjadi rujukan event creative market tersebut adalah Flohmarkt Festival. Digelar sekali tiap tiga bulan.

Flohmarkt Festival didirikan 2012, lebih dikenal dengan nama HM (Happy Market). Ide ini digagas seorang mahasiswa Jogja Vina Kurnia Putri.

Event yang kini cukup besar tersebu, dulunya berawal dari keisengan Vina Kurnia Putri. Vina waktu itu ingin mengumpulkan anak muda di satu acara tanpa keluar banyak uang.

Pada 2012 masih zaman ngetopnya garage sale. Banyak temen Vina yang seneng kalo ada acara begituan. Daripada barang mereka cuma dijual online, Vina mencoba ajak mereka bikin stand kecil-kecilan.

“Sembari aku ngejual produk tas buatanku. Kebetulan, aku ada temen yang punya cafe, buka stand kecil di situ deh. Modalnya kecil, tapi yang datang banyak. Rame bener,” cerita Vina.

Respons ini jadi suntikan semangat Vina untuk membuat kegiatan ini dengan rutin. Cewek yang super friendly ngajak temennya buka stand garage sale lagi dengan harapan pengunjung makin ramai.

Akhirnya Vina berani menggarap Flohmarkt Festival. Bukan lagi menjual baju bekas pantas pakai. Segala brand buatan anak muda masuk. Fashion, food, and music.

Konsep baru yang bisa bikin anak muda nyaman. Keliling melihat potensi baru yang berhasil dibikin anak-anak seumuran mereka.

Bagi Vina, acara ini harus tetap jalan karena melihat zaman yang makin maju. Makin banyak yang perlu di-explore anak muda.

Lewat kegiatan ini, bukan sekadar keuntungan yang didapat. Vina ingin anak muda Jogja bisa belajar tentang persaingan sehat enterpreuner.

Untungnya memang tidak seberapa. Yang terpenting Vina bisa memberikan dampak jangka panjang untuk partisipan. Bagaimana belajar kreatif meningkatkan kualitas produk yang mereka jual.

Vina juga ingin mengenalkan banyaknya komunitas unik. Tentunya bisa menginspirasi seluruh elemen masyarakat yang berkunjung ke Flohmarkt Festival. (val/iwa/mg1)