JOGJA – Lain dari biasanya, panitia pelaksana pertandingan Indonesia Selection vs Islandia harus lebih sibuk dibandingkan uji coba internasional sebelumnya. Sebab lawan yang bertandang untuk bertanding adalah negara peserta Piala Dunia.

Berbagai treatment khusus diminta dan harus diberikan panitia kepada tim sepak bola asal Skandinavia itu. Wakil Ketua Umum PSSI DIJ Dwi Irianto mengatakan, panpel lokal sudah mendampingi pihak promotor mengecek lokasi. Baik stadion pertandingan dan lapangan latihan.

Rencananya setelah tiba di Jogja Minggu (7/1) sore kemarin, tim mulai berlatih Senin ini di Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul. “Karena lawan Indonesia ini tim yang lolos Piala Dunia, jadi semua standar FIFA. Mulai rumput, bench dan ruang ganti pemain kami lakukan perbaikan,” ujarnya saat jumpa pers di Sleman, kemarin.

Di tempat yang sama, Ketua Panpel Lokal Dewanto Rahadmoyo Nugroho berharap, dengan adanya even ini bisa menjadi momentum kemajuan persepakbolaan di DIJ. “Memang harus ekstra dari biasanya. Tapi ini menjadi pembelajaran yang positif bagi semua pihak. Harapannya, masyarakat banyak yang datang dan bisa menjadi hiburan,” tuturnya.

Timnas Islandia terdiri atas 40 personel, termasuk pemain dan official. Mereka akan menginap di Hotel Hyatt, Jalan Palagan, Sleman.Venue manager di DIJ Raimond mengatakan, selama dua hari Islandia akan berlatih dua kali sehari yakni pukul 11.45 dan 18.30 di SSA.

Sedangkan Indonesia Selection akan berlatih di lapangan UNY. Pihaknya menyebutkan, permintaan dari tim tamu layout stadion, alur masuk penonton dan media serta ruang ganti minta disesuaikan.”Hal itu sudah dikoordinasikan. Termasuk keramik, westafel, karpet, dan bench. Mereka juga minta lapangan disiram sebelum latihan,” paparnya.

Rizky Aidi dari panitia pusat menyebutkan, panitia mencetak sekitar 23 ribu tiket. Sebanyak 40 persen dijual lewat online. Pihaknya mengaku banyak keluhan di media sosial terkait harga tiket yang mahal. Sebab harga termurah di tribun utara dan selatan dibanderol Rp 100 ribu. Sementara tribun timur dan barat Rp 150 ribu dan Rp 200 ribu.

Namun harga itu masih ada diskon 10 persen selama presale dan ada potongan hingga 50 persen yang dialokasikan bagi suporter tim lokal. “Ada beberapa kanal pembelian tiket dengan harga diskon bagi suporter lokal. Tiket berupa tiket gelang dengan barcode,” jelasnya. (riz/laz/mg1)