PURWOREJO – Muhammadiyah mengembangkan klinik layanan kesehatan di wilayah Kecamatan Pituruh. Diharapkan dalam satu tahun pasca operasi bisa membuka layanan rawat inap bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Majelis Pelayanan Kesehatan Umum PC Muhammadiyah Pituruh Sutaryono dalam peresmian klinik di Desa Pepe, Pituruh, Minggu (7/1).

Ditambahkan, tindakan sosial akan tetap diberlakukan bagi warga lingkungan sekitar yang hendak melakukan pengobatan. Mereka akan dibantu dari dana yang terhimpun dalam Lazizmu PCM Pituruh.

Sekum PDM Purworejo Ahmad Darusman menjelaskan, adanya klinik pratama merupakan salah satu media dakwah Muhammadiyah dalam amar ma`ruf nahi munkar dijalankan selain pendidikan, ekonomi dan sebagainya. Ia optimistis klinik itu akan tumbuh dan berkembang menjadi balai kesehatan yang diminati masyarakat.

“Kami dari PDM Purworejo ingin menjadikan klinik ini sebagai project satelit dari PKU Muhamadiyah Kutoarjo dalam manajemen dan pelayanannya,” katanya.

Kepala Desa Pepe Ngadino yang mendapat kesempatan berbicara menyampaikan pihaknya berharap pengelola klinik bisa mengelola limbah medis dengan baik, sehingga terjaga kenyamanannya. Dia juga berharap adanya klinik akan menjadikan derajat kesehatan masyarakat Pepe bisa meningkat lagi. (udi/laz/mg1)