JOGJA – Untuk kedua kalinya Pengurus PersatuanBola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Jogja bakal kembali menggulirkan turnamen bola voli. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang berlabel Dandim Cup, kali ini turnamen akan diubah menjadi Wali Kota Cup bekerjasama dengan Pemkot Jogja.

Ketua Umum PBVSI Kota Jogja Letkol Inf Rudi Firmansyah mengatakan, rencananya turnamen akan diputar pada April mendatang. Dandim0734/Jogjakarta itu menjelaskan, selain perubahan nama nantinya format turnamen juga akan ikut berubah. Termasuk sasaran peserta yang akan ikut ambil bagian.

Jika pada Dandim Cup pertama diikuti tim perwakilan dari kecamatan se-Kota Jogja, nantinya sasaran bisa lebih luas lagi. Panitia saat ini terus mematangkan persiapan agar turnamen tahunan tersebut bisa digelar sesuai yang direncanakan. “Keputusan akhirnya seperti apa, tergantung hasil rapat nanti,” tuturnya.

Perwira TNI AD dengan dua melati di pundaknya ini mengungkapkan, turnamen bola voli Wali Kota Cup menjadi bagian dari program pembinaan yang dilakukan PBVSI Kota Jogja. Turnamen akan menjadi kegiatan rutin tahunan untuk menjaring bibit atlet bola voli.

Selain itu, PBVSI juga menyiapkan agenda tambahan lain sebagai pelengkap. Meski begitu agenda itu tetap menjadi bagian dari proses pembinaan dan pemantauan atlet potensial Kota Jogja. “Kami sudah siapkan program utama dan program tambahan,” tambahnya.

Pada Dandim Cup pertama tahun lalu, Kecamatan Wirobrajan memborong gelar juara setelah tim putra dan putri mereka menjadi yang terbaik dalam turnamen yang digelar di Lapangan Gedongan, Kotagede. Di partai puncak, tim putra Wirobrajan mengandaskan perlawanan Mantrijeron 3-2.

Sementara itu tim putri Wirobrajan keluar sebagai juara setelah mengandaskan perlawanan Mergangsan 3-1. “Kami ingin kota Jogja memiliki atlet-atlet bola voli yang bagus dan bisa berkiprah di tingkat nasional,” tandasnya. (riz/din)