GUNUNGKIDUL-Bobung, adalah salah satu sentra kerajinan topeng batik kayu di Yogyakarta. Sejak beberapa tahun terakhir, Bobung pun berkembang sebagai salah satu desa wisata. Bobung terletak di Bobung, Putat, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Bermula dari kesenian rakyat tari topeng, pada tahun 1955 warga Bobung mulai mengerjakan kerajinan topeng kayu. Di era sekitar tahun 1980an, mereka beralih ke kerajinan topeng batik kayu. Dari yang awalnya hanya produk topeng kayu, berkembang pula jenis barang kerajinan yang diproduksi. Produk mereka pun telah merambah market ekspor, seperti Perancis, Italia dan lain sebagainya.

Pembuatan topeng batik kayu menggunakan tangan atau hand made, prosesnya tak jauh beda dengan batik kain. Diawali dari pembuatan pola di atas kayu, malam yang telah dipanaskan selanjutnya ditorehkan di atas pola, dilanjutkan dengan proses nglorot (menghilangkan lapisan malam) dan akhirnya proses pewarnaan. Hasilnya? Sebuah karya topeng batik kayu yang cantik dan siap untuk dijadikan souvenir.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Bobung, tidak hanya bisa melihat proses pembuatan topeng batik kayu saja. Mereka pun bisa belajar bagaimana membuat sebuah karya, mulai dari topeng kayu, peralatan rumah tangga, pencil dan lain sebagainya. Kegiatan seperti ini memang sangat menarik minat wisatawan, baik domestik ataupun mancanegara.

Menariknya, mereka pun bisa membawa pulang hasil lukis batiknya. Paket belajar membatik dengan media barang kerajinan dari kayu ini telah ada sejak beberapa tahun terakhir. Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran, namun para perajin di tempat ini akan selalu siap membimbing wisatawan untuk belajar membatik.

Ingin mencoba? Silahkan berkunjung ke Desa Wisata Bobung di Gunungkidul. Bagi mereka yang ingin merasakan tinggal di rumah warga, terdapat sejumlah rumah yang memang dipersiapkan sebagai home stay.(ong)