Terletak di Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Candi Ratu Boko juga biasa disebut Istana Ratu Boko, atau Situs Ratu Baka. Bisa dibilang, candi yang satu ini terbilang unik.

Berada di atas ketinggian, wisatawan dapat melihat Kota Jogja lebih leluasa dan indah. Candi Ratu Boko mulai digunakan abad ke-8.

Kompleks bagunan ini juga erat dikaitkan dengan kisah Candi Prambanan, yakni legenda Roro Jonggrang.

Luas seluruh kompleks Candi Ratu Boko mencapai 25 hektare. Dari mulai pintu masuk wisatawan harus menaiki tangga untuk mencapai gapura candi.

Pemandangannya, rerumputan hijau luas dan asri. Naik sedikit ke atas, ada hamparan rumput yang lebih luas lagi.

Sebelah kanan ada pepohonan yang instagenic dan menjadi spot foto bagi para pengunjung. Tidak jauh dari sana, ada tempat yang dinamakan Paseban.

Di sinilah tempat untuk menghadap Raja, saat itu. Ada juga pendopo, serta mata air yang konon jika ada yang membasuh tubuh dengan air tersebut bakal awet muda.

Suasana romantis juga bisa ditemukan di Candi Ratu Boko. Nyaman, sejuk, dan pemandangan indah menjadi daya tarik utamanya.

Tidak jarang banyak wisatawan mengabadikan foto bersama. Suasananya benar-benar hangat dan romantis.

Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan candi di atas bukit yang tidak biasa ini dengan mencari sunset saat cuaca cerah. (sky/iwa/mg1)