GUNUNGKIDUL – Dinas Pariwisata DIY merayakan malam pergantian tahun dengan menggelar berbagai event. Salah satunya Pentas Seni Tradisional yang bekerja sama dengan Sub Unit Karang Taruna empat padukuhan dil apangan Gubuggedhe, Ngalang, Gedangsari Gunungkidul, Minggu (31/12).

Panggung kesenian menampilkan campursari yang merupakan kerja sama dari empat dusun yaitu, Karanganyar, Sambeng, Sumberejo, dan Ngalang. Alunan musik yang merdu dengan gaya atraktif para biduan membuat suasana semakin hangat dan meriah.

Antusias warga sangat tinggi banyak warga yang datang untuk menyaksikan pentas seni tersebut. Pengunjung ikut berjubel di depan panggung kesenian untuk melihat dari dekat kemeriahan acara.

Anggota DPRD DIY Suparjo mengatakan, sangat mengapresiasi penyelenggaraan pentas seni tradisional yang melibatkan empat dusun di Kecamatan Gedangsari. Diharapkan perkembangan pariwisata di Gedangsari akan semakin meningkat dengan pelestarian seni budaya setempat.

Kepala Seksi ODTW Dinas Pariwisata DIY Wardoyo menuturkan, lokasi Gubuggedhe merupakan awal sejarah terbentuknya Dusun Ngalang. Tempat ini seringkali menjadi tempat dilaksanakannya aktivitas budaya yang melibatkan seluruh warga Dusun Ngalang.

Kegiatan rutin seperti Rasulan Gubuggedhe adalah salah satu contoh aktivitas budaya yang dipusatkan di tempat ini.

Wardoyo menambahkan, pentas seni ini diselenggarakan dalam rangka mengembangkan potensi seni budaya guna mendukung perkembangan pariwisata di Dusun Ngalang. Salah satunya 4G (Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul) yang saat ini sudah banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Targetnya rest area Gubuggedhe ini menjadi tempat parkir para wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata di Gedangsari seperti 4G, Green Village, Jogotan, maupun Duwetan,” ujarnya. (*/a1/ila/mg1)