SLEMAN- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) melaunching layanan kesehatan masyarakat, Pos Binaan Terpadu (Posbindu), di Desa Nyamplung Lor Balecatur Gamping, beberapa waktu lalu. Layanan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UNISA Ali Imron, M.Fis memaparkan, keberadaan Posbindu ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat yaitu gerakan masyarakat sehat (germas) seperti yang digencarkan oleh kementrian kesehatan. Salah satunya membiasakan masyarakat merapkan pola hidup bersih sehat (phbs), mengkonsumsi buah dan sayur, mengecek kesehatan secara rutin, dan rajin untuk beraktivitas fisik.

Camat Gamping Abu Bakar, S.Sos., M.Si, mengucapkan, terima kasih karena UNISA telah memberikan sumbangsihnya untuk masyarakat Balecatur khususnya Desa Nyamplung Lor. Beberapa program seperti Posbindu, Posyandu lansia, Balita dan Karang Taruna sudah berjalan dan sesuai dengan program pemerintah desa. Selanjutnya dapat diukur keberhasilannya.

“Wacana selanjutnya tentang kampung ramah lansia di Balecatur . Harapannya untuk wacana ini dapat sinergi kembali dengan UNISA Yogyakarta,” ujarnya.

KKN sendiri dilakukan selama 14 minggu oleh mahasiswa Ilmu Keperawatan. Kegiatan ini dilakukan di empat Pedukuhan yaitu Dukuh Nyamplung Lor, Nyamplung Kidul, Kluwih dan Gamol. Program yang dilakukan menyasar pada balita, remaja dan lansia antara lain inisiasi karang taruna, lomba rumah sehat, posyandu balita dan sebagainya. (Sce/met/ong)