SLEMAN – Skuad belum lengkap, namun manajemen PSS Sleman berencana melakukan tes medis secara bertahap terhadap para pemain. Rencananya tes kesehatan akan dilakukan di RSUD Sleman pagi ini.

“Besok mulai tes medis. Kemungkinan tidak sehari tapi beberapa hari, bisa dua sampai tiga hari. Secara bergelombang. Soal jamnya berapa kami masih koordinasi dengan pihak rumah sakit,” ungkap Asisten Manajer PSS Dewanto, Selasa (2/1).

Menurutnya, tes medis tidak dilakukan dalam satu sesi dikarenakan belum semua pemain lengkap berada di Sleman hari ini. Rencananya ada 14 sampai 16 pemain yang akan menjalani tes medis. Sayangnya, Dewanto masih enggan menyebutkan identitas para pemain tersebut termasuk berapa komposisi pemain lama dan rekrutan baru yang akan menjalani tes medis.

“Pekan ini kami fokus pada tes medis, pekan depan baru mulai latihan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, tes medis penting dilakukan kepada setiap pemain yang akan dikontrak secara permanen oleh manajemen PSS. Meskipun saat ini sebagian pemain sudah menjalani prakontrak namun bukan jaminan mereka akan direkrut menjadi bagian dari PSS yang akan berjuang di kompetisi Liga 2 pada musim 2018 ini.

“Tes medis ini sebagai pegangan kami untuk mengontrak pemain. Nanti terlihat pemain tersebut rekam medisnya bagus atau tidak, ada cedera engkel, lutut maupun hamstring atau tidak. Atas dasar itu pemain lama sekalipun belum dijamin kami rekrut seandainya hasil tes medis tidak mendukung,” jelasnya.

Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD SlemanDrg Anna Yammed mengatakan, karena tes pemain PSS tidak dilakukan kolektif, maka pemain akan ikut antre seperti masyarakat lainnya yang akan check-up. Pelayanan bisa dilayani sejak pukul 09.00 di ruang medical check-up lantai satu rumah sakit.

“Kami sebenarnya punya ruangan di lantai empat jika PSS bisa kolektif semua pemain. Tapi ini jumlahnya dan datangnya jam berapa kami juga belum tahu,” bebernya.

Anna mengatakan, dari pihak PSS meminta beberapa macam tes fisik. Mulai dariengkel, kaki, otot, ortopedi, dan rehabilitasi dalam. Termasuk jantung, paru-paru, dan cek darah. (riz/ila/ong)