SLEMAN – Turut menjaga ekosistem sungai, Desa Condongcatur mengadakan Festival Fun Fishing. Pesertanya pun membeludak, diikuti sebanyak 2.500 orang. Mereka memancing di Sungai Gajah Wong hingga sepanjang Jalan Selokan Mataram sejak pagi sampai siang.

Acara ini merupakan bagian dari Condongcatur Art Festival (CCAF) 2 dalam rangka HUT ke-71 Desa Condongcatur.
Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji turut mendukung acara Fun Fishing dengan ikut memancing bersama peserta. Acara ini diselenggarakan untuk menyenangkan warga sekaligus membersihkan dan memanfaatkan sungai untuk menyadarkan masyarakat mengenai ekosistem sungai agar digunakan sebagaimana semestinya.

Ketua Pelaksana Fun Fishing Wahyu Nurendra mengatakan, animo peserta sangat luar biasa terbukti dengan diikuti dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Juga mendapat dukungan dari berbagai komunitas memancing di DIJ.

“Minat dan hobi masyarakat di desa ini memang kebanyakan memancing sehingga kami menyediakan fasilitas dengan mengadakan festival ini. Apalagi ada sungai yang letaknya sangat strategis jadi kami manfaatkan itu untuk bisa dinikmati warga,” ujar Wahyu di pelataran Sungai Gajah Wong, Minggu (31/12) lalu.

Untuk acara Fun Fishing ini panitia menyediakan 1 ton ikan bawal dan lele yang siap dinikmati karena ikan yang didapat adalah hak peserta. Selain memancing, festival Fun Fishing juga menyediakan door prize bagi yang beruntung sebanyak 2 sepeda dan beberapa peralatan elektronik.

Dilaksanakan sampai siang hari, acara Fun Fishing sempat diguyur hujan namun peserta masih tetap semangat memancing ikan sampai tuntas. Seperti yang dilakukan Wagiman peserta dari Bantul yang punya hobi memancing. Dia bahkan rela jongkok di bawah jembatan untuk memancing. Terbukti cara itu ampuh, sebab dari pagi saja dia sudah mendapat enam ikan. (mg9/ila/ong)