KULONPROGO-Bantuan korban bencana banjir dan tanah longsor di Kulonprogo terus berdatangan. Ketua Kadin DIJ GKR Mangkubumi menyerahkan bantuan di Posko Bantuan Kecamatan Panjatan dan di Puskesmas Panjatan I, Jumat (1/12/2017).

“Kami bersama Dinsos DIJ dan Forum CSR mendapat amanah untuk menyerahkan bantuan ini, sekaligus ingin melihat kondisi korban yang ada di lapangan,” kata GKR Mangkubumi.

Menurutnya, kebutuhan krusial bagi para pengungsi saat ini berupa sembako dan sayur mayor. Sebab, selain rumah, sawah dan ladang warga terendam banjir. “Karena titik bencananya hampir merata di DIJ, sehingga tanaman petani kebanjiran. Makanya kebutuhan sayur dan lauk pauk masih kurang,” tutur putri sulung gubernur DIJ itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo Gusdi Hartono menyatakan, banjir sudah mulai surut, tapi pengusni masih tetap di pengungsian. Itu lantaran tempat tinggal mereka masih terendam banjir. “Data terakhir,jumlah pengungsinya masih sekitar 1.033 jiwa. Mereka tersebar di sembilan titik pengungsian, seperti di Kecamatan Lendah, Galur, dan Panjatan,” paparnya. (tom/yog)