RADARJOGJA.CO.ID Tim Daerah Istimewa Jogjakarta dinobatkan sebagai juara umum Karnaval Keprajuritan Nusantara 2017. Dalam event yang diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta kemarin (19/11), tim Jogjakarta mendominasi sebagian besar kategori lomba.

Membawakan tema Perang Diponegoro, tim Jogjakarta mendapat nilai tertinggi di dua kategori. Yakni, atraksi dan arak-arakan. Jogjakarta juga berhasil menempati urutan kedua di bawah Bali dalam kategori lima tim unggulan. Jogjakarta mengungguli Jawa Tengah, Jambi, dan Banten.

Kepala Dinas Kebudayaan DIJ Umar Priyono hadir langsung untuk memimpin tim Jogjakarta. “Jogjakarta itu ada begitu banyak prajurit. Prajurit tidak hanya di Kraton Jogja. Prajurit juga ada di kampung-kampung,” jelasnya.

Hadir pula Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Aji Wulantara, Camat Gamping Abu Bakar, dan Kepala Desa Ambarketawang Sumaryanto.

Sementara itu, Aji Wulantara menyatakan sangat bahagia dengan gelar juara umum Karnaval Keprajuritan Nusantara 2017. “Sebenarnya, kita ini memiliki semangat keprajuritan. Misalnya, kalau pas ada upacara peringatan hari jadi Sleman turun hujan deras pun kita tidak mingset. Para pegawai tetap mengikutinya dengan baik sampai selesai,” kata Aji. (amd)