Reakreditasi Program Studi Penyuluhan Peternakan STPP Magelang Jurluhnak

MUNGKID- Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP Magelang) Jurusan Penyuluhan Peternakan (Jurluhnak) telah menerima Tim Akreditasi dari Badan Akreditiasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Minggu-Selasa (12-14 November 2017). Kegiatan tersebut dalam rangka visitasi reakreditasi Program Studi (Prodi) Penyuluhan Peternakan. Hadir sebagai tim akreditasi dua asesor BAN-PT, yakni Dr Ir Firda Arlina MSi dan Dr Ir Rusdien MP.
Visitasi diawali penerimaan tim asesor secara resmi oleh Ketua STPP Magelang Ir Ali Rachman MSi. Dilanjutkan presentasi borang akreditasi prodi oleh tim penyusun Borang Prodi Penyuluhan Peternakan. Kemudian visitasi terhadap pengguna lulusan, mahasiswa, dan alumni. Serta kunjungan lokasi unit-unit laboratorium dan perpustakaan yang ada di lingkup STPP Magelang Jurluhnak.
“Kegiatan akreditasi adalah agenda rutin sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan pada Program Studi Diploma IV Penyuluhan Peternakan,” ungkap Ali.
Pada periode sebelumnya Program Studi Diploma IV Penyuluhan Peternakan dua kali mendapatkan predikat akreditasi A.
Dikatakan, suatu tantangan bagi civitas akademika STPP Magelang untuk mempertahankan prestasi yang selama ini telah diraih.
Sesuai dengan visi Prodi Diploma IV Penyuluhan Peternakan: “Terwujudnya Lembaga Pendidikan Tinggi Penyuluhan Pertanian yang Unggul dan Berdaya Saing dalam Menghasilkan Sumberdaya Manusia Pertanian yang Profesional, Mandiri dan Berjiwa Wirausaha di Kawasan Regional Tahun 2025”.
Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan tersebut, pengelola prodi menetapkan langkah-langkah misi program studi. Di antaranya, menyelenggarakan layanan tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian terapan, dan pengabdian masyarakat); mengembangkan kelembagaan dan program studi vokasional bidang pertanian sesuai kebutuhan pasar; mengembangkan sumber daya pendidikan terstandar; serta mengembangkan kemitraan dan jejaring kerja sama.
Visitasi ditutup dengan pembacaan dan penandatanganan berita acara dan penyelesaian instrumen oleh tim asesor.
Lebih lanjut Ali mengatakan, persiapan penerimaan tim asesor BAN-PT sudah dilakukan sejak Juni lalu. Sedangkan perbaikan data dilakukan pada Agustus.
Persiapan ini dilakukan demi meraih akreditasi terbaik dalam sistem pendidikan. Sebab, akreditasi sebagai bentuk prestasi lembaga pendidikan untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat secara nasional. Menunjukkan bahwa STPP Magelang diterima dengan baik oleh publik. “Mncerminkan semua unsur lembaga, mulai sumber daya manusia, mahasiswa, dan alumninya diakui di masyarakat,” ujar Ali. Usai menerima tim asesor BAN-PT Ali berharap STPP Magelang Jurluhnak kembali meraih akreditasi A. Sebagai salah satu bukti eksistensi lembaga pendidikan yang beralamat di Jalan Raya Magelang-Kopeng KM 7, Purwosari, Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, ini kepada masyarakat.(*/yog)