Renang Indah Harumkan Bangsa

MENJADI anak muda yang berprestasi pasti membuat orang tuanya bangga. Apalagi prestasi tersebut ada di level internasional.

Demikian yang dilakukan Claudia Mega yang telah mengharumkan nama Indonesia pada South East Asian (SEA) Games di Malaysia, Agustus lalu. Dia menyumbangkan medali perunggu bagi Indonesia di cabang renang.

Perempuan kelahiran Jogja, 9 Agustus 1993 tersebut sebelumnya telah mengharumkan nama DIJ di kancah renang nasional. Dia menyumbangkan medali emas pada kategori renang indah di Pekan Olahraga Nasional ( PON) XIX untuk D.I.Jogjakarta.
Mega bukan perenang biasa, dia berhasil menyelesaikan studi S1 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dia punya segudang prestasi di renang indah.

Mega menyukai renang sejak masih kecil. Memulai renang sejak masih duduk di bangku taman kanak-kanak (TK). Bahkan mulai fokus ikut lomba renang sejak sekolah dasar (SD).

“Papaku adalah motivasi terbaikku. Jika ditanya siapa pahlawanmu, aku jawab papa. Dia yang mengenalkan aku dengan olahraga ini dan membuatku selalu mencintainya sampai sekarang,” ujar Mega.

Menurut dia, anak muda harus menggambarkan semangat muda. Semangat generasi kekinian yang harus positif. “Jangan menahan semangatmu. Keluarkan semua dan fokuskan pada apapun passion-mu,” kata Mega.

Dia bermimpi bisa mengibarkan Merah Putih beserta menyanyikan Indonesia Raya di negara lain. Mimpi itu tidak bisa diraih semua orang. Hanya ada beberapa profesi yang bisa dijadikan jalan meraihnya, salah satunya menjadi atlet.

“Kita harus selalu buktikan bahwa Indonesia bisa. Jangan pernah merasa terlambat memulai sesuatu,” pesan Mega.
Intinya, kata dia, tekun dan disiplin. Konsisten dengan dua hal itu maka cepat atau lambat prestasi bakal datang.

“Menjadi pahlawan minimal dimulai dengan menjadi pahlawan untuk keluarga dan lingkungan sekitar. Bermimpilah bisa menjadi pahlawan untuk bangsa,” kata Mega. (ata/iwa/ong)