BANTUL – Partai politik (parpol) mulai memanaskan mesinnya. Tak terkecuali Partai Nasdem. Partai yang dibidani Surya Paloh di Kabupaten Bantul ini mulai menatap pemilihan legislatif (pileg) 2019.

Ketua DPC Partai Nasdem Bantul Bibit Rustamto menyebut ada banyak strategi yang dipersiapkan menuju pesta demokrasi lima tahunan ini. Antara lain, membangun seluruh jaringan partai. Juga, jaringan sosial masyarakat.

“Agar Partai Nasdem ada di mana-mana,” jelas Bibit di sela nyekar di Taman Makam Pahlawan Bantul sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun ke-6 Partai Nasdem Sabtu (11/11).

Pengurus dan kader Partai Nasdem nyekar di TMP Bantul Sabtu lalu

Dikatakan, seabrek narasi agenda dipersiapkan untuk perluasan jaringan ini. Bibit menekankan setiap kader harus mampu hadir di tengah masyarakat. Sekaligus mampu menjawab berbagai persoalan di akar rumput.

“Kami membuat program yang seirama dengan kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Strategi lain yang dipersiapkan adalah mempersiapkan siapa saja yang bakal maju dalam pileg 2019. Menurutnya, persiapan bakal calon legislatif ini penting. Sebab, mereka adalah garda terdepan untuk meraup suara.

Bekas lurah Bangunjiwo, Kasihan ini mengaku sangat intens menghadapi pileg 2019. Sebab, ada target besar yang dipatok.
Untuk DPRD Bantul, misalnya, DPC Partai Nasdem menarget delapan kursi. Atau naik empat kali lipat dibanding perolehan pileg 2014.

“Untuk provinsi dua. Dari Bantul timur dan barat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, anggota DPRD Bantul ini menambahkan, ziarah di TMP merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT ke-6 Partai Nasdem. Itu bertujuan untuk mengingat sekaligus menaruh rasa hormat terhadap para pahlawan. Juga, untuk memperteguh semangat bahwa Partai Nasdem seirama dengan perjuangan para pahlawan.

“Indonesia ada karena perjuangan orang-orang terdahulu. Baik yang tercatat maupun tidak,” tambahnya.(zam/ong)