RADARJOGJA.CO.ID – PT Pelni (Persero) menyalurkan dana kemitraan sebesar Rp 1,4 miliar pada sekitar 40 mitra. Mereka berasal dari pelaku usaha tambak di wilayah Demak dan Pemalang. Penyaluran dana sebesar itu melalui Program Kemitraan (PK) dan bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Dinas Kelautan dan Perikanan di dua kabupaten tersebut.

Tri Andayani, Direktur Keuangan PT Pelni yang membawahi PKBL mengatakan, melalui program kemitraan sesuai amanat Kementerian BUMN.

“Kami ingin meningkatkan daya saing usaha mitra binaan PT Pelni, sehingga mampu menjadi pelaku usaha yang tangguh dan mandiri. Dalam menjalankan PK ini, PT Pelni menggandeng Kementerian Kelautan dan Perikanan. Karena memiliki visi yang sama untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Indonesia,” ungkap Tri Andayani, usai seremoni “Penandatanganan Kontrak Program Kemitraan PT Pelni di Jawa Tengah,” di Hotel Novotel Semarang, Senin (6/11). Penandatanganan dilakukan Direktur Keuangan PT Pelni Tri Andayani dan disaksikan Direktur Produksi dan Usaha Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Ir Umi Windriani MM.

Tri Andayani meneruskan, selain menyalurkan dana kemitraan ke sektor usaha perikanan, PK PT Pelni juga menyentuh pengusaha batik dan kerajinan di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Sebelumnya, PT Pelni mengikutsertakan mitra binaannya dalam kegiatan Trade Expo Indonesia 2017 yang diselenggarakan di ICE BSD, Serpong, Tangerang.

Khusus Program Bina Lingkungan, PT Pelni menggandeng Yayasan Terumbu Rupa dengan membangun “rumah buatan” sebesar 6×12 meter persegi bagi terumbu karang di Pulau Sepa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, beberapa waktu lalu.(hes)