JOGJA – Beberapa cagar budaya di Jogjakarta ternyata bisa dimanfaatkan menjadi lokasi atau venue digelarnya konser akbar bertaraf internasional. Sebut saja Candi Prambanan yang pada bulan Agustus lalu digunakan sebagai panggung penyanyi kelas dunia Sarah Brightman.Pada 29-30 September 2017 nanti, lokasi ini kembali dijadikan venue konser band rock progresif ternama asal Amerika Serikat Dream Theater.

Pemilihan kawasan Candi Prambanan ini bukan tanpa alas an. Pihak promotor Rajawali Indonesia Communication mengatakan, event ini menjadi bagian mempromosikan kearifan budaya Indonesia ke pentas internasional.”Tujuan utamanya adalah promosi dan diplomasi budaya Indonesia di dunia internasional, maka venue yang semula dari Stadion Kridosono kami pindah ke Candi Prambanan. Karena Candi Prambanan merupakan salah satu bangunan heritage warisan dunia,” papar CEO Rajawali Indonesia Communication Anas Syahrul Alimi saat ditemui di kantornya, kemarin (26/9).

Anas menambahkan, pihaknya telah mengatur alat dan properti pendukung sedemikian amannya, agar tidak membawa dampak pada cagar budaya tersebut. Seperti sound system yang digunakan menggunakan teknologi peredam suara, sehingga tidak bocor atau menggema ke belakang panggung.

“Panggung kami berada jauh dari lokasi Candi Prambanan, karena sengaja kami jadikan background panggung sama seperti Prambanan Jazz. Kapasitas watt yang kami gunakan juga sudah memenuhi ketentuan pihak terkait, sekitar 80 ribu watt,” jelasnya.

Project Director Jogjarockarta Bakkar Wibowo menyampaikan, surat izin dari Dirjen Kebudayaan untuk pemanfaatan lokasi cagar budaya tersebut telah dikeluarkan. Karena penyelenggaraan konser ini secara tidak langsung memberi dampak dalam meningkatkan pariwisata dan ekonomi di Jogjakarta. “Berkaca dari Prambanan Jazz lalu, banyak penonton yang datang dari luar negeri. Para artis internasional juga membantu kami mempromosikan cagar budaya Candi Prambanan ini,” ungkap Bakkar.

Selain Dream Theater, juga dihadirkan band rock nasional God Bless. Burgerkill, Power Metal, Death Vomit, Kelompok Penerbang Rocket, Roxx, Pas Band, dan Something Wrong juga akan menghibur 15 ribu penonton. Ada dua panggung dalam event ini. Pertama Panggung Hanoman untuk Indonesian Stage, dan kedua Panggung Roro Jonggrang untuk International Stage.

Hari pertama sudah habis terjual 7.500 tiket, masih dibuka pembelian tiket di hari kedua dengan harga Festival A Rp 900 ribu dan Festival B Rp 450 ribu. Tiket konser ini tersedia di Melon.blanja.com, tiketapasaja.com, rajakarcis.com. goersapp.com, tiket.com, thepointofsale.co.id, kiostix.com, dan Legend Coffe. (ita/laz/ong)