PURWOREJO – Peternak kambing kaligesing, Toto Sugiharto, beruntung mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Joko Widodo dalam kegiatan Jambore Peternakan Nasional, 22-24 September di Cibubur. Dia mendapatkan kesempatan berbincang dan wawancara dengan Presiden, di mana jawaban yang disampaikan membuat takjub presiden.

“Pak Presiden menanyakan beberapa hal tentang peternakan kambing kaligesing. Beliau terkejut ternyata memelihara banyak kambing itu tidak butuh banyak orang juga,” kata Sugiharto kemarin (25/9).

Dikatakan, dalam kontes yang melombakan dua jenis kambing yakni kambing kaligesing dan domba garut itu, Purworejo membawa pulang enam juara yakni Juara 3 Jantan Kelas A milik Sendiko, Juara 2 Betina Kelas A milik Supriyono Hadi, Juara 3 Betina B milik Bambang, Juara 3 Jantan Kelas C milik Sukiswanto dan Juara 2 Jantan Kelas D milik Sutomo. Dua juara lagi adalah Juara 4 Betina Kelas B dan Juara 6 Jantan Kelas A. “Kami bersyukur bisa membawa pulang kejuaraan walaupun tidak bisa juara 1,” tambah Sugiharto.

Kepala UPT Keswan Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan drh Ahmad Kosim mengatakan, hasil kejuaraan itu sebenarnya menjadi warning bagi Pemkab Purworejo untuk bisa melakukan pengendalian kambing-kambing kelas unggul tidak keluar dari Purworejo. Juara pertama dari setiap kelas bisa direbut peserta dari Jawa Timur.

“Secara asal, kambing-kambing yang menang itu sebenarnya dari Purworejo. Yang keluar karena kebutuhan peternak, mereka akan menjualnya kalau ada penawaran yang bagus,” kata Kosim yang menjadi salah satu juri dalam jambore itu.
Dikatakan, hal ini sebenarnya telah menjadi problem lama yang membelit peternak kambing kaligesing. Kambing-kambing kelas baik telah keluar saat kambing belum dewasa.

“Dinas sudah melakukan pengawasan agar tidak keluar. Tapi kalau sebatas ngawasi saja tapi ternyata peternak butuh, ya kita tidak bisa ngapa-ngapain,” jelas Kosim.

Pihaknya sebenarnya memiliki konsep paripurna. Pemkab menyediakan dana talangan, di mana akan mengambil atau membeli kambing kualitas baik saat peternak membutuhkan. Hanya saja hal itu belum terlaksana dengan baik karena pemkab belum melangkah ke hal itu. (udi/laz/ong)