SPINMOTION (Single Parents Indonesia in Motion) dilahirkan sejak pertengahan 2015 lalu di Jogja oleh Yasin bin Malenggang, bersama beberapa rekan sesama single parents yang juga sama – sama merasakan perlunya keberadaan komunitas para single parents di Indonesia dan Kota Jogja pada khususnya.

Perkembangan komunitas semakin pesat, semenjak pada awal tahun 2017, bergabung Risma Nilawati atau yang lebih familiar dikenal sebagai Neng Risma, seorang artis, model dan public figure yang kemudian bersedia menjadi duta komunitas sekaligus menjadi SPINMOTION Chapter Coordinator untuk Jakarta dan sekitarnya.

Di tahun 2017 juga, tepatnya pada 23 Maret, SPINMOTION menerbitkan buku berjudul #SalamJariTanpaCincin yang ditulis secara bersama – sama oleh 17 penulis yang kesemuanya anggota SPINMOTION. Buku ini berisi tentang tulisan inspiratif, tips single parenting dan kisah nyata para penulisnya.

Judul #SalamJariTanpaCincin diambil dari salam jari tangan yang menjadi ciri khas dari komunitas ini yakni dengan menekuk jari manis di saat jari yang lainnya mengembang. Salam ini memiliki arti bahwa, sebagai single parents yang tidak memiliki pasangan atau tidak terikat perkawinan, sudah selayaknya dan saatnya untuk mengarahkan ‘jari kasih sayang’ yakni jari manis ke arah mereka sendiri.

Mencintai, menghargai serta lebih memperhatikan diri sendiri serta berkomitmen untuk menjadi seorang single parent yang baik bagi anak – anaknya, demikian kurang lebih makna dari salam ini.

Bersama RADAR Jogja, sejak hari ini, Minggu 24 September 2017, SPINMOTION akan menerbitkan Rubrik SPINMOTION secara mingguan yang nantinya berisi dengan artikel single parenting, agenda komunitas, profil usaha SPINMOTION serta tulisan lain yang berisikan tentang dunia Single Parents Indonesia (SPINA).

Dengan semangat solidaritas berdasarkan empati, SPINMOTION berencana untuk terus mengembangkan diri secara bersama – sama agar menjadi komunitas yang memiliki manfaat bagi para single parents beserta anak – anak mereka. Untuk saat ini, SPINMOTION memiliki media konsultasi, komunikasi dan saling berbagi melalui aplikasi percakapan daring whatsapp, dimana terdapat 8 grup disesuaikan dengan tema diskusi, yakni; Bisnis dan Usaha, Kesehatan dan Psikologis, Hukum dan Perceraian, serta grup – grup tematik lainnya. Bagi anda yang single parents, atau simpatisan yang ingin memberikan dukungannya, silakan kontak no WA admin di nomor 0818262077. (ong)