RADAR JOGJA.CO.ID –Hansaplast, brand plester luka nomor 1 di Indonesia bersama Palang Merah Indonesia (PMI) merayakan Peringatan Hari Pertolongan Pertama Sedunia 2017 di area Car Free Day SunMor UGM. Rangkaian acara diisi parade oleh peserta drumband dan sukarelawan PMI yang berkeliling area Car Free Day. Tidak lupa, mereka membagikan dompet pertolongan pertama dan memberikan edukasi singkat demo pertolongan pertama. Ini meliputi penanganan kaki terkilir, luka bakar, pingsan, dan kejang

Marketing Manager Hansaplast, PT Beiersdorf Indonesia Setiawan Saputra mengatakan, peringatan Hari Pertolongan Pertama Sedunia 2017 dilakukan untuk kedua kalinya sejak 2016. Ini merupakan wujud kepedulian dan komitmen Hansaplast terhadap pentingnya pertolongan pertama. Karena kecelakaan bias terjadi kapanpun dan di manapun, termasuk di lingkungan terdekat. Seperti rumah, sekolah, tempat kerja, dan jalan raya.

“Hansaplast ingin meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong masyarakat untuk memiliki perlengkapan pertolongan pertama dengan membagikan 10 ribu dompet pertolongan pertama di 6 kota besar di Indonesia. Selain Jogjakarta, kegiatan serupa dilakukan di Jakarta, Malang, Bandung, Surabaya, dan Semarang,” kata Setiawan, Minggu (17/9).

Sementara itu, Kepala Biro Humas Markas Pusat PMI Aulia Arriani mengaku, senang bekerja sama dengan Hansaplast dan terlibat langsung dalam kampanye Siaga P3K yang diinisiasi Hansaplast ini.

“Kami berharap semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya mempersiapkan peralatan pertolongan pertama kapanpun dan di manapun, serta lebih paham akan penggunaan peralatan tersebut, sehingga bias memberikan pertolongan pertama secara mandiri baik ke diri sendiri maupun orang lain,” kata Aulia.

Hari Pertolongan Pertama Sedunia atau World First Aid Day diperingati setiap September di seluruh dunia untuk mengkampanyekan pentingnya persiapan dan implementasi pertolongan pertama. Tujuannya mengurangi risiko cedera karena kecelakaan.

Hansaplast juga melengkapi 200 sekolah dasar di Jakarta dan Malang dengan perlengkapan pertolongan pertama di sekolah dan First Aid Corner di Guardian (modern pharmacy) di seluruh Indonesia.

“Masyarakat juga dapat mengakses berbagai informasi dan tips seputar penanganan luka ringan melalui akun jejaring resmi Hansaplast di facebook dan instagram,” katanya.(hes)