RADARJOGJA.CO.ID – Fakultas Psikologi dan Program Studi Magister Psikologi Profesi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jogja menjadi tuan rumah penyelenggaraan The 4th Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP), temu ilmiah Asosiasi Psikologi Islam (API) dan pertemuan Ketua Program Studi Magister Profesi Psikologi (Mapro).

Even kerjasama antara UAD dengan Asosiasi Psikologi Islam (API)-HIMPSI ini juga didukung perguruan tinggi lainnya. Antara lain adalah Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Padang, dan Universitas Islam Bandung.

Ketua Program Studi Magister Psikologi Profesi UAD, Dr Siti Urbayatun mengatakan, kegiatan ini bukan sekadar pertemuan biasa. Sebab, pada saat yang sama ada tiga rangkaian acara sekaligus yaitu pertemuan Universitas Islam yang membuka Jurusan Psikologi, temu ilmiah Asosiasi Psikologi Islam (API), dan pertemuan Ketua Program Studi Magister Profesi Psikologi (Mapro).

“Acara ini dapat terlaksana karena adanya visi dan misi yang sama,” kata Urbayatun saat memberikan sambutan temu ilmiah dan workship bertema Sinergi dalam Pengembangan Keilmuan dan Intervensi Psikologi Islam di Hotel Jambuluwuk, Jogja.

Menurutnya, forum ini sangat bermanfaat bagi pengembangan konsep, teori Psikologi Islam hingga hasil-hasil intervensi Psikologi Islam di tengah masyarakat. Sehingga, komunitas ilmiah Psikologi Islam akan terbentuk dan dapat mewarnai khasanah ilmu pengetahuan.

“Psikologi Islam akan mencerahkan kehidupan umat manusia,” jelasnya.

Acara yang berlangsung mulai 8 September hingga 10 September ini juga akan diselenggarakan di Kampus 1 UAD Jalan Kapas 9 Jogja.

Pada hari pertama ada dua workshop dengan pembicara yaitu Dr Moordiningsih Moertedjo dari Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Dr (Cand) Setiwati Intan Savitri dari Universitas Mercubuana Jakarta dengan tema Meaning Making of Life With Narrative Writing Therapy (Islamic Perspektif). Kemudian Dr Bagus Riyono dengan pokok bahasan tentang Islamic Motivation Training. (mar)