KULONPROGO – Pejabat Pemkab Kulonprogo resah dengan ulah oknum yang mengaku wartawan Radar Jawa Pos Pers. Pelaku menghubungi korban dan meminta uang dengan dalih biaya pengobatan temannya yang dirawat di RSUP Dr Sardjito Jogjakarta.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo Agus Santosa mengatakan dia ditelepon beberapa pejabat yang ingin memastikan validitas oknum yang mengaku wartawan itu.

“Saya sudah konfirmasi ke Paguyuban Wartawan Kulonprogo (PWK) sebagai wadah resmi wartawan yang bertugas di Kulonprogo dan bermarkas di Media Centre (MC) Kulonprogo. Hasilnya, tidak ada wartawan Radar Jawa Pos Pers bernama Wahyu,” kata Agus kemarin (4/9).

Dia sempat dihubungai sejumlah pejabat yang dihubungi pelaku. Di antaranya Camat Kalibawang Hendri Usdiarka dan Assda III Joko Jushermanto, Kepala Disdukcapil Djulistya dan Camat Wates Aspiyah.

“Nampaknya ini modus lama. Dulu juga pernah seperti itu, setelah saya konfirmasi ke Media Centre dan wartawan yang bertugas di Kulonprogo, saya minta tidak usah ditanggapi,” tegasnya.

Kasubag Humas dan Protokol Setda Kulonprogo Arning Rahayu mengatakan dirinya juga mendapat laporan pejabat yang ingin memastikan validitas oknum bernama Wahyu itu.

“Dalam melancarkan aksinya, pelaku mencoba telepon korban. Ketika tidak diangkat maka akan mengirimkan pesan singkat yang berisi hujatan. Baru saja Kepala Dinas Pendidikan Sumarsana juga dihubungi pelaku,” ungkapnya.

Saat mengenalkan diri, oknum mengaku sebagai wartawan Radar Jawa Pos Pers. Dia meminta sejumlah uang dengan dalih membantu temannya bernama Santoso yang tengah menjalani operasi tumor paru-paru di RSUP Sardjito melalui rekening.

“Tentu ini meresahkan, namun dengan beberapa kali beraksi menggunakan modus yang sama membuat pejabat di lingkungan Pemkab Kulonprogo banyak yang sudah hafal,” katanya.

Kutipan pesan singkat tersebut, “Tlg jenengan bantu gotong royong semampunya mas Ary Pak Santoso.kshn operasi tumor paru2 di RS Sardjito jogja.lewatkan no rek mas ary sndri Pak biar tau keluarganya.BRI.000901025850539 a/n.Ary Siswanto,tks byk sblmnya smg bnyk rjkinya.amin.slm dr teman2 Pers.” (tom/iwa/ong)