Tanamkan Jiwa Nasionalisme, Kenalkan Profil Kampus

MUNGKID – Dalam rangka menyiapkan mental dan memberikan gambaran tentang sistem pembelajaran dan kehidupan di kampus, diperlukan adanya program orientasi bagi mahasiswa baru. Hal itu untuk mempercepat adaptasi dengan lingkungan yang baru. Kegiatan ini dapat dijadikan titik tolak inisiasi pembinaan idealisme, menanamkan dan membina sikap cinta tanah air, kepedulian terhadap lingkungan dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter jujur, cerdas, peduli, bertanggung jawab, dan tangguh.

Dengan alasan itu, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang menyelenggarakan Pembukaan Pembinaan Karakter Mahasiswa atau Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa Baru di Aula STPP Magelang. Acara dibuka Wakil Ketua II drh Yudiani Rina Kusuma MP, dan dihadiri Wakil Ketua III Teguh Susilo SPt MSi. Tampak hadir, Komandan Rindam IV/ Diponogoro, fasilitator, pelatih, Instruktur Dodik Bela Negara Rindam IV/Diponegoro, dosen dan pejabat struktural STPP Magelang.

Kegiatan pengembangan karakter bagi mahasiswa baru TA 2017/2018 bekerja sama dengan Rindam IV/Diponegoro terdiri atas tiga sub kegiatan. Yaitu, Program Pengenalan Akademik (PPA), Pembinaan Karakter Mahasiswa yang berhubungan dengan Bela Negara dan Outbond. Kegiatan ini merupakan kegiatan intrakurikuler yang wajib diikuti setiap mahasiswa baru STPP Magelang TA 2017/2018.

“Tujuan kegiatan ini menanamkan jiwa nasionalisme melalui Program Pembinaan Karakter atau Bela Negara, memperkenalkan kepada peserta tentang profil STPP Magelang, jurusan penyuluhan peternakan,” ujar Wakil Ketua II drh Yudiani Rina Kusuma kemarin.

Dari kegiatan ini diharapkan calon mahasiswa terfasilitasi untuk mengembangkan karakter-karakter. Baik melalui motivasi beberapa narasumber dan mampu mengeksplorasi potensi diri mereka. Selanjutnya untuk dikembangkan dengan segala sumberdaya pendukung yang disediakan STPP Magelang selama masa studi mereka.

“Tujuan lain kegiatan ini menanamkan rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap almamater. Serta menanamkan kedisiplinan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan,” jelas Yudiani.

Sasaran kegiatan ini 150 calon mahasiswa baru STPP Magelang serta empat mahasiswa lama yang belum pernah mengikuti kegiatan sejenis.

Rangkaian kegiatan pengembangan karakter mahasiswa tahun 2017 meliputi pra PPA, program pengenalan akademik (PPA), pembinaan karakter mahasiswa (bela negara). Selain itu ada kegiatan kemahasiswaan dan outbound yang akan dilaksanakan 1-15 September. Yaitu, pra kondisi PPA 1-3 September, pembinaan karakter mahasiswa 4-8 September.

Adapun kegiatan kemahasiswaan dilaksanakan 9-13 September dan outbond 14-15 September. Metode yang digunakan meliputi pemaparan, ceramah dan tanya jawab, demonstrasi, dan praktik.

Narasumber, fasilitator, pelatih, instruktur didatangkan dari internal maupun eksternal STPP Magelang. Narasumber eksternal dari Dodik Bela Negara Rindam IV/Diponegoro, bupati Magelang, puskesmas, dan Polres Magelang. (ady/laz/ong)