Lakukan Pengecatan Gapura Merah Putih Terbanyak

NIPPON PAINT pecahkan Rekor MURI untuk kategori “Pengecatan Gapura Merah Putih Terbanyak”. Dalam kurun waktu 18 hari (29 Juli—15 Agustus), sekitar 5.000 lebih gapura di 27 kota Indonesia, berhasil dicat dengan warna Merah Merdeka.

Pengecatan menghabiskan total 50.000 liter cat eksterior Nippon Weatherbond Solareflect warna “Merah Merdeka 1945” dan Nippon Weatherbond warna “Brilliant White 1001”. Jumlah tersebut setara dengan nilai rupiah yang mencapai Rp 5 miliar.
Untuk pekerjaan ini, sebanyak 4000 karyawan Nippon Paint, dan 142 distributor/retail partner bersama warga dari Sabang sampai Merauke, bergotong royong mengecat Gapura Merah Putih. Program ini dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.

Penganugerahan Rekor MURI kepada Nippon Paint dilakukan 18 Agustus lalu bersamaan dengan pemberian hadiah Pemenang Utama Foto Groupfie Gapura Merah Putih 2017, dan perayaan HUT Kemerdekaan RI di Semarang.

Terbaik: Gapura jalan anjasmoro V rT 006 rW 003 – Pemenang Nasional foto Groupfie Gapura Merah Putih 2017.

Selain salah satu gapuranya dinobatkan sebagai Pemenang Nasional Foto Groupfie Gapura Merah Putih 2017, Semarang juga menjadi kota dengan pengecatan Gapura Merah Putih terbanyak, dengan jumlah lebih dari 700 gapura.

Deputy Manager MURI Ariyani Siregar mengatakan, kegiatan yang dilakukan Nippon Paint ini, merupakan upaya yang patut dihargai. “Dengan kegiatan ini, selain dapat mewarnai kemeriahan hari Kemerdekaan Indonesia, juga dapat mendorong dan menjaga semangat gotong royong masyarakat di lingkungannya masing-masing,” katanya.

Chief Executive Officer Decorative Paints Nippon Paint Indonesia, Jon Tan menjelaskan, kegiatan pengecatan Gapura Merah Putih ini merupakan bagian dari program bakti sosial Nippon Paint yang dilakukan untuk menjaga semangat persaudaraan dan gotong royong masyarakat Indonesia. Melalui kegiatan ini, Nippon Paint juga ingin memberikan warna dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia bersama masyarakat.
“Warna merah putih adalah warna persatuan. Dalam bakti sosial ini, gapura yang dicat dengan Nippon Weatherbond Solareflect berwarna khusus “Merah Merdeka 1945” dan Nippon Weatherbond warna “Brilliant White 1001″ bergaransi warna 100% akurat dan konsisten. Sehingga gapura yang mengikuti program ini akan memiliki warna Merah dan Putih yang seragam dari Sabang sampai Merauke,” kata Jon Tan.

Pencapaian ini tentunya tidak lepas dari dukungan masyarakat dari berbagai daerah. Oleh karena itu, pihak Nippon Paint sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia dan retail partner Nippon Paint.

“Sesuai dengan komitmen kami untuk memberikan manfaat kepada masyarakat luas, kegiatan Gapura Merah Putih ini akan terus kami selenggarakan di tahun-tahun berikutnya. Dengan lebih banyak daerah dan masyarakat yang terlibat untuk bergotong royong dalam semangat persaudaraan dan cinta tanah air,” tandas Jon Tan.

Ditambahkan, kompetisi Foto Groupfie Gapura Merah Putih 2017 menyediakan total hadiah Rp 250 juta. Pemenang Utama Foto Groupfie Gapura Merah Putih 2017 berhasil diraih oleh Kota Semarang, tepatnya di gapura Jalan Anjasmoro V RT 006/RW 003, Semarang Barat. Peserta foto-foto Groupfie Gapura Merah Putih 2017 selengkapnya dapat dilihat di Facebook.com/NipponPaintIndonesia.

Sebagai pemenang Foto Groupfie Gapura Merah Putih 2017, Ketua RT 006 Jln. Anjasmoro V, Semarang Barat, Noor Murod mengaku, ikut merasakan manfaat dengan diadakannya kegiatan ini. “Seringkali masyarakat sibuk sendiri-sendiri, sehingga jarang ada waktu berkumpul dan melakukan kegiatan bersama-sama. Kegiatan Gapura Merah Putih ini menjadi kesempatan bagi kami untuk berkumpul bersama dan tetap guyub. Harapannya, kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan ke depannya,” kata Noor Murod.

Hal serupa dirasakan Dr. Ramli, pemilik toko bangunan Bintang Jaya di Kota Semarang yang ikut berpartisipasi dalam Gapura Merah Putih dengan menyumbangkan peralatan dan tenaga cat. “Melihat antusias masyarakat mengikuti perlombaan Gapura Merah Putih ini, mendorong kami untuk berkontribusi membantu warga dengan memberikan perlengkapan pengecatan yang dibutuhkan. Kami ikut melakukan pengecatan bersama warga dan merasakan kebersamaan yang tidak setiap saat bisa dirasakan,” kata Ramli. (*/jko/ong)