RADARJOGJA.CO.ID – Berbagai cara dilakukan perguruan tinggi dalam mengenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru. Nah, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jogjakarta memiliki cara berbeda yaitu menampilkan berbagai bakat dan minat mahasiswa yang ada di setiap unit kegiatan mahasiswa (UKM) dalam sebuah atraksi kolaborasi kolosal.

Aksi panggung yang atraktif tersebut ditampilkan dalam sebuah momen Program Pengenalan Kampus (P2K) kepada mahasiswa baru UAD di GOR Amongrogo Jogja sejak Rabu (16/8) hingga Minggu (20/8).

“Gagasan ingin menampilkan seluruh bakal dan minat dari berbagai elemen UKM dan komunitas di UAD sudah lama. Alhamdulillah, keinginan tersebut sudah terwujud,” kata Wakil Rektor Bidang Pengembangan Mahasiswa dan Pemberdayaan Alumni UAD, Abdul Fadlil kepada wartawan, Minggu (20/8).

Dalam pengenalan kampus tersebut diikuti lebih dari 5.000 mahasiswa baru. Dalam acara itu UKM yang tampil berasal dari UKM seni tari, pencak silat, musik, dalang, paduan suara, dan lain sebagainya. Pengenalan kampus dengan cara berbeda ini sengaja dipilih UAD untuk menepis anggapan negatif terkait orientasi pengenal kampus yang selama ini ada dengan menggunakan kekerasan.

“Tahun ini kami tidak lagi mendatangkan artis-artis ibu kota karena atas saran dari berbagai elemen kampus. Mereka lebih senang bila yang ditampilkan UKM UAD sendiri,” terang Fadlil.

Dalam acara P2K ini panitia mengambil tema Babar Tumapaking Nuswa Kencana. Tema ini dipilih sesuai dengan perjalanan bangsa Indonesia yang sudah mengijak usia 72 tahun sekaligus meneguhkan semangat nasionalisme menuju Indonesia emas 2045. Dalam acara ini, mahasiswa yang telibat lebih dari 200 orang. Setiap UKM yang akan melakukan pementasan diberi waktu selama satu jam. (mar)