GUNUNGKIDUL –Remisi yang diberikan dalam perayaan HUT RI ke- 72 berdampak positif terhadap Rutan Kelas II B Wonosari.Pengurangan masa tahanan tersebut berpengaruh terhadap ruang tahanan.”Kapasitas ruang tahanan sudah mulai penuh.Dapat berkurang seiring dengan pengurangan masa hukuman bagi sejumlah napi,” kataKepala Rumah Tahanan, Klas IIB Wonosari, Edy Junaedi, kemarin (15/8).

Dia mengatakan,saat ini masih ada 116 napi dan tahanan.Dia berharap, dengan adanya remisi maka sebagian bisa bebas. Junaedi berpesan, para napi yang mendapatkan remisi untuk senantiasa berperilaku baik selama menjalani sisa masa hukuman.

“Mereka bisa membekali diri dengan ilmu agama maupun ketrampilan saat menjalani masa pidana. Agar nanti pada saat bebas dan bergaul di masyarakat dapat mandiri,” ujarnya.

Selain itu dia berharap para napi di dalam rutan berkelakuan baik agar dapat mendapatkan remisi dikemudian hari. Dengan begitu jumlah napi yang dapat bebas semakin bertambah, sehingga jumlah napi dapat berkurang seiring dengan pengurangan masa hukuman.

“Sekarang masih ada 116 napi dan tahanan. Harapannya dengan adanya remisi sebagian bisa bebas,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasubsi Pelayanan dan Tahanan (Yanta) Rutan Klas IIB Wonosari, Ardiyana mengatakan, total remisi tahun ini sebanyak 65 orang. Kreteria napi menjalani masa pidana menimal enam bulan.

“Selain itu, napi tersebut juga telah mengikuti program pembinaan dari Lembaga Pemasyrakatan (Lapas) dengan predikat baik,” kata Ardiyana.

Dia menjelaskan, berdasarkan surat dari Sekretaris Jendral Kementerian Hukum dan HAM, terdapat 31 napi mendapatkan remisi satu bulan.Sembilan napi menerima remisi dua bulan,14 napi mendapatkan remisi tiga bulan,delapan napi dapat remisi empat bulan dan tiga napi memperoleh remisi lima bulan.

Sementara data tahun lalu, 53 narapidana juga mendapatkan remisi umum pada peringatan HUT RI. Remisi tersebut dibacakan pada peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2016. Sebanyak 53 narapidana telah memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yakni, berkelakuan baik, tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan. Remisi dan langsung bebas waktu itu ada 2 orang.(gun/ong)