SLEMAN – Agustus tiba, beragam perlombaan pun dihelat. Tak hanya lomba-lomba mainstream seperti makan kerupuk dan lari karung saja yang diadakan. Tapi, banyak juga diadakan lomba-lomba yang unik.

Setelah sebelumnya ada lomba sepak bola lumpur yang diadakan masyarakat di sejumlah daerah. Sabtu (12/8) diadakan lomba yang diadakan di air dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Salah satunya yang dilakukan di objek wisata Jogja Bay. Lomba yang dikhususkan untuk anak-anak adalah lomba mengambil Bendera Merah Putih antar anak-anak yang digelar di zona tengah.

Dalam lomba ini peserta lomba diminta mengambil bendera yang diletakkan di tiang-tiang penyangga fasilitas. Juara lomba ini adalah peserta yang berhasil mengambil bendera paling banyak.

Selain itu, ada lomba basket three on three di air yang mempertandingkan dua tim remaja yaitu tim putih dan tim merah. Tak kalah seru dengan lomba mengambil bendera, lomba ini juga berlangsung meriah karena bermain basket di air ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Salah satu peserta, Galih mengatakan, banyak tantangan yang harus dihadapi seperti keterbatasan gerak pengaturan pernapasan. Meski begitu hal tersebut tidak mengurangi semangat para peserta untuk memenangkan lomba.
“Sangat senang sekali mengikuti lomba meskipun capek dan banyak tantangan, tapi seru,” ungkapnya.

Selain itu, lomba lain yang juga mendapat sambutan meriah dari para pengunjung adalah lomba meluncur di memo racer setinggi puluhan meter. Pemenang diambil dari para peserta yang berhasil meluncur paling jauh.

Public Relations Jogja Bay Martya Dewati menggatakan, pihaknya ingin menyajikan lomba tujuhbelasan yang berbeda. Yakni dengan memanfaatkan wahana air yang ada sebagai fasilitas lomba yang seru dan unik.

“Menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan RI dan meningkatkan apresiasi masyarakat, juga memupuk rasa nasionalisme,” ungkapnya. (sky/ila/ong)