JOGJA – Lantai dasar Jogja Lippo Plaza mall kemarin (30/7) cukup meriah. Riuh ratusan orang bergemuruh saat menyaksikan Indoor Pushbike 2017 di mal yang terletak di Jalan Laksda Adisutijpto itu.

Dalam ajang pencarian bakat bikers cilik tersebut delegasi Jogjakarta keluar sebagai jawara di dua kelas yang dipertandingkan.
Di kelas Open Girls Max 2012 Rey Phyo Neyla Wibowo dari tim Ardians Mx Strider Jogja DSC Waroeng Sompel tercatat sebagai yang tercepat.

Sedangkan Hiroshi Eka Putra dari tim Ardians MX Push Bike YK keluar sebagai juara di kelas Push Bike Boys and Girls 2012.
Sementara itu, juara di dua kelas lainnya disabet bikers asal luar DIJ. Kelas Push Bike Boys and Girls 2014 disabet Syaka Mahardika dari tim Bocals 431 Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. Kemudian kelas Push Boys and Girls 2013 dijuarai M. Dyi Hendika Syahputra dari tim Strider Bali Rockside Bondoso.

Ketua Panitia Indoor Pushbike 2017 Purnomo Putro menjelaskan, setiap peserta diberi kesempatan mencoba track sebelum pertandingan dimulai. Agar mereka bisa beradaptasi dengan jalur lintasan, sekaligus untuk meminimalisasi risiko kecelakaan.”Event ini bersifatfunraceuntuk menarik anak usia dini gemar bersepeda,” katanya.

Sistem lomba yang digunakan pun sangat sederhana. Siapa menjadi yang tercepat, dialah juaranya. Meskipun ada sebagian peserta yang harus dituntun orang tua mereka sampai ke finish.

Kegiatan itu lebih ditujukan untuk mencari bibit muda pebalap sepeda sejak usia dini.

Michael, ayah salah seorang peserta, tampak sangat bersemangat menyoraki anaknya saat tampil di lintasan. Baginya, kalah menang bukan tujuan utama. “Anak saya memang suka bersepada. Tidak menang tak masalah, yang penting anak-anak terhibur,” katanya.

Ya, riuh penonton yang sebagian besar para orang tua peserta tak terbendung sejak bendera start dikibarkan untuk masing-masing kelas. (bhn/yog/ong)