RADARJOGJA.CO.ID – PURWOREJO – Ratusan penyandang disabilitas akan diberdayakan melalui program kemitraan masyarakat petani jamur tiram oleh salah seorang dosen Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP). Setidaknya ada dua kelompok usaha bersama (kube) yang akan mendapat fasilitasi khusus dari dana hibah untuk program kemitraan masyarakat dari Kemenristekdikti ini.
Dosen penerima hibah Didik Widiyantoro mengatakan, dua kube yang akan mendapat program yakni Kube Kautaman di Dusun Bleber, Desa Sambeng, Kecamatan Bayan dan Kube Restu Abadi Kelurahan Cangkrep Lor, Kecamatan Purworejo. Dari dua kube yang beranggotakan 15 orang ini diharapkan akan mengimbas kepada seluruh difabel yang tergabung dalam Ikatan Disabilitas Purworejo (IDP) yang berjumlah sekitar 250 orang.
“Kami berangkat dari kube itu dan akan kami lakukan pendampingan,” kata Didik saat mengunjungi lokasi budidaya jamur tiram Kube Kautaman kemarin (25/7).
Terhadap Kube Kautaman sebagai kelompok yang belum produktif, selain memberi peningkatan wawasan dan ketrampilan, Didik juga memberikan beberapa fasilitasi. Antara lain, pembuatan kumbung jamur seluas 3 x 8 meter, alat pres baglog, alat sterilisasi, ruang pendinginan dan inkubasi.
Sementara terhadap kube Restu Abadi sebagai kelompok yang sudah produktif, Didik memberikan fasilitasi tambahan berupa kumbung jamur berkapasitas 3.000 baglog. Pemberdayaan yang dilakukan selain menyangkut aspek produksi juga aspek manajemen, antara lain, manajemen organisasi, produksi, dan pemasaran.
Diharapkan dengan kemitraan ini kedua kube dapat saling bersinergi sehingga dapat mendorong anggota difabel lainnya untuk mengembangkan di desa dan kecamatan masing-masing, sehingga kesejahteraan dan ketahanan pangan keluarga difabel semakin meningkat.
Rektor UMP Supriyono menyatakan apresiasinya kepada para dosen di UMP yang telah berperan aktif dalam hal pengabdian terhadap masyarakat. Menurutnya, Program Studi Agribisnis dalam rangka peningkatan kompetensi dosen selalu berperan aktif mengikuti hibah penelitian dan pengabdian masyarakat yang diberikan Kemenristekdikti. (udi/laz/ong)