RADARJOGJA.CO.ID – MUNGKID – Kurang lebih enam ribu orang beserta kendaraannya, Vespa atau Scooter, memadati Lapangan Kujon, Borobudur, Magelang. Mereka berkumpul untuk launching Komunitas SEMAR (Scooter Magelang Raya). Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan komunitas Vespa Jateng-DIJ serta komunitas dari Pulau Dewata.

Ketua SEMAR Maduk, 42, mengatakan, acara ini baru pertama kalinya diadakan. Dijelaskan, tiap anggota SEMAR dulunya masih per kecamatan, tetapi kini dapat bergabung menjadi satu. “Dari 24 Kecamatan di Kabupaten dan Kota Magelang kini jadi satu. Selain launching Komunitas Semar, juga sebagai ajang silaturahmi antarpecinta Vespa,” ujarnya.

Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, Sabtu (22/7) dan Minggu (23/7). Kegiatan tersebut diisi dengan bakti sosial, hiburan, penampilan polisi cilik dari Polres Magelang, dan kontes Vespa.

“Didirikannya SEMAR bertujuan agar para pengendara dan pecinta Vespa di Magelang lebih terkoordinir dalam kegiatan apapun. Hingga saat ini anggota SEMAR sendiri sudah mencapai 500 orang,” jelasnya.

Kegiatan yang diadakan ini juga masuk dalam rangkaian HUT Bhayangkara ke-71. Polres Magelang turut terlibat saat acara berlangsung. Mulai dari Safety Riding dan sosialisasi tertib lalu lintas yang di sampaikan oleh Waka Polres Magelang Kompol Heru Budiharto. Heru juga mengikuti acara konvoi dengan mengendarai Vespa bersama-sama dengan komunitas.

“Polisi tidak melarang kegiatan seperti ini, cuma kami ingin mengimbau kepada semua pengendara Vespa untuk tetap menjaga ketertiban. Kami juga mendukung kreativitas bagi pecinta modifikasi Vespa asal tetap menjaga esensi kendaraan agar tetap laik jalan,” ungkap Heru.

Salah satu anggota komunitas, Eko Prasetyo, 27, warga Banyurojo, mengatakan, kegiatan tersebut layak untuk diadakan beberapa bulan sekali. Kegiatan ini bukan hanya sekadar kumpul-kumpul saja, tetapi bakti sosialnya. “Sehingga dapat mempererat tali silaturahmi antarpecinta Vespa di Magelang. Ini adalah kegiatan yang sangat positif menurut saya,” ungkapnya. (cr2/ila/ong)